Benarkah Aloe Vera Gel Ampuh Bikin Kulit Glowing? Ini Kata Dokter

Lidah buaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tren perawatan kulit dari Korea Selatan sedang tinggi peminat di Tanah Air. Salah satu produk perawatan kulit yang kini sangat laris yaitu aloe vera gel yang disebut-sebut mampu membuat kulit glowing seperti artis dari Negeri Gingseng itu.

Aloe vera merupakan tanaman lidah buaya yang sudah terbukti khasiatnya baik untuk tubuh, termasuk kulit. Pemakaian lidah buaya bisa menjaga kesehatan kulit tetap baik, terlebih dengan tingginya paparan polusi di beberapa tempat di Indonesia.

"Aloe vera bisa melembabkan kulit, jadi cocok untuk kulit yang kering. Tapi, produk yang ada saat ini, aloe veranya dalam bentuk gel, ini yang perlu dipertimbangkan," ujar spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Susie Rendra, Sp.KK.,di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Model Indonesia Laras Sekar Bintangi Iklan Kosmetik Kim Kardashian

Dokter Susie mengatakan, proses pembentukan menjadi gel seringkali ditambahkan alkohol. Padahal, pemakaian alkohol pada kulit kering tidak memberi dampak yang baik.

"Malah enggak nambah efek pada kulit kering. Kecuali bentuk aloe veranya diolah dalam bentuk krim," kata dia.

Menurutnya, pemakaian jenis krim pada kulit kering bisa diserap dengan baik sehingga hasilnya bisa maksimal. Sedangkan pada jenis gel, tidak akan memberi khasiat yang tepat untuk kulit kering.

"Bahan aloe vera memang bisa melembabkan, tapi hanya base-nya yang jenis gel membuat hasilnya enggak maksimal," jelasnya.