ModestFFFund, Franka Soeria: Industri Fesyen Tak Cuma Desain Semata

ModestFFFund 2019
Sumber :
  • ModestFFFund 2019

VIVA – Industri fesyen belakangan cukup tumbuh menjamur. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat industri fesyen memberikan kontribusi sebesar 18,01 persen atau setara dengan Rp166 Triliun pada tahun 2016.

Dengan potensi tersebut, sayangnya industri modest Indonesia di pasar dunia belum berkembang. Expert modest fashion, Franka Soeria menyebut bahwa industri fesyen tak hanya sebatas peragaan busana semata, namun juga harus mampu memasarkan karyanya.

"Kita enggak bisa mengalahkan luar negeri kalau kita gak tahu map-nya," ujarnya di Modest Fashion Founders Fund Celebration Days di Gandaria City Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Karenanya ia digandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Program Modest Fashion Founders Fund atau ModestFFFund, yaitu program untuk pelaku usaha modest fashion di Indonesia dalam hal permodalan.

Tak cuma itu, para peserta juga 'digojlok' dan diasah bakat juga wawasannya soal industri fesyen dunia. Itu dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem modest fashion dan memaksimalkan potensi Indonesia untuk menjadi kiblat modest fashion dunia.

"Ramadan kemarin yang daftar hampir 400 peserta Alhamdulillah. Dari situ kita pilih top 100," ujarnya.

Lebih lanjut penilaian yang dilakukan tak hanya dari segi desain semata melainkan juga dari keuangannya.

"Kita harus melahirkan pebisnis-pebisnis modest fashion. Yang enggak cuma tampil tapi juga harus jago jualan artinya mampu meningkatkan ekonomi."

Setelah dipilih top 100 kemudian Para desainer diseleksi dengan ketat dan diseleksi hingga top 20. "Dari top 20 ini ada pemain senior juga yang baru-baru dan namanya gak pernah kita dengar tapi mampu make money-nya, bisnisnya keren, planning-nya juga keren hingga layak jadi top 20," ujarnya.

Sebagai hasil dari Program Modest Fashion Founders Fund 2019 ini, salah satu Brand dari 20 Desainer mendapatkan kucuran dana sebesar Rp75 juta kepada Swimsweets, salah  program ModestFFFund.