Pakai Makeup Setiap Hari? Begini Cara Bersihkan Wajah yang Benar

Kulit wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebagian wanita memang enggak bisa lepas dari makeup. Pokoknya, kalau setiap keluar rumah, muka mesti dipoles. Biasanya, golongan wanita seperti ini enggak pede kalau harus keluar rumah tanpa makeup. Kamu gitu enggak sih?

Nah, kalau Kamu masuk kategori yang seperti ini, kalau sudah sampai di rumah, harus buru-buru dibersihkan ya sisa makeup-nya. Cara membersihkannya juga beda, lho, dibanding mereka yang kesehariannya tidak menggunakan makeup. Dermatologis dan Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, bakal kasih tipsnya buat kamu.

"Kalau muka menggunakan makeup tebal, maka muka harus dibersihkan dengan pembersih yang ada kandungan susu atau minyak. Karena yang mengandung minyak, dia baru bisa mengangkat makeup-nya. Kalau Kamu pakai pembersih all in one tidak bisa ngangkat," ujarnya saat ditemui baru-baru ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kalau kita sudah bisa mengangkat makeup dengan baik, kita boleh pakai toner, boleh tidak. Tapi, intinya sebelum tahapan sabun, kita harus menggunakan pembersih wajah yang oil based atau yang lebih creamy, karena makeup yang biasa kita pakai itu hampir semua oil based.

"Makeup oil based dia lebih bagus nempel, meresap. Namanya juga minyak, nempel, bagus, meresap, di muka jadi licin, smooth. Tapi ada konsekuensinya, karena dia berminyak, akhirnya menutup pori-pori dan jadi gampang bruntusan di kemudian hari," tambahnya.

Kalau kita pakai jenis makeup yang seperti itu, membersihkannya juga harus ekstra. Apalagi kalau Kamu pakai cushion. Cushion memang bagus menempel di wajah, tapi pastikan pada saat membersihkannya, cushion tersebut benar-benar terangkat semua.

Karena kalau enggak, pasti ada sisa-sisa yang tertinggal di pori-pori, menutup dan akhirnya jadi komedo dan jerawat. Maka dari itu, kita harus menggunakan pembersih yang sesuai kondisi kulit.

"Kedua harus menggunakan pembersih sesuai derajat ketebalan makeup. Kalau lagi makeup-nya tebal, otomatis harus pakai cleanser yang lebih wow, baru pakai sabun. Kalau keseharian Kamu enggak makeup-an, cuma pakai pelembap sama sunblock, Kamu pakai pembersih yang all in one juga enggak masalah," kata dia. (rna)