Mau Cantik, Langsing dan Sehat? 6 Makanan Ini Wajib Ada di Meja Makan

Buah pepaya.
Sumber :
  • Pixabay/ Sandid

VIVA – Menjalani diet, bukan berarti kamu hanya makan sedikit. Diet sesungguhnya hanya mengurangi jumlah porsi makan, tapi menu yang dipilih harus tetap memiliki nilai gizi lengkap dan seimbang.

Nah, buat kamu yang lagi diet, wajib tahu lho, makanan apa aja yang harus ada dalam daftar menu harian kamu.

Ada beberapa makanan yang memiliki sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh bagian tertentu dari tubuh kita dan kemudian ada makanan super yang dikemas dengan banyak vitamin yang bermanfaat bagi seluruh tubuh kita. Dengan memilih menu yang tepat untuk diet, tentu bisa berdampak baik pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Berikut menu sehat yang direkomendasikan untuk diet seperti dikutip laman Times of India.

Flaxseeds

Jangan tertipu oleh ukurannya, biji coklat kecil ini dikemas dengan nutrisi. Kandungan tinggi asam lemak omega-3 meningkatkan produksi minyak alami tubuh dan membantu menjaga kulit tetap lembab. Ini adalah makanan super yang hebat untuk memfasilitasi penurunan berat badan. Selain itu, makanan ini bebas kolesterol, karenanya sangat baik untuk jantung. Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi manusia dan biji ini juga baik untuk mempromosikan rambut sehat.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah dewanya makanan super. Minyak kelapa dinilai sebagai makanan serba guna. Dapat digunakan untuk memasak, kecantikan, makanan, dan lainnya. Minyak kelapa adalah pelembab alami yang punya banyak khasiat bahkan bisa dijadikan di lotion tubuh, krim wajah atau bahkan dioleskan pada kulit. Kaya vitamin, mineral, dan serat. Ini juga merupakan tambahan yang luar biasa untuk diet kamu.

Pepaya

Buah manis berwarna merah oranye kekuningan ini adalah makanan super lain yang wajib ditambahkan ke keranjang belanja. Dengan konten papain tinggi, pepaya juga bisa digunakan sebagai masker pemutih kulit, krim dan lotion. Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E yang berarti pepaya sangat membantu dalam mencegah masalah kesehatan seperti penyakit jantung diabetes. Jus pepaya sangat bagus untuk wanita dengan siklus yang tidak teratur karena dapat membantu menormalkan siklus. Terakhir, ini merupakan sumber yang bagus untuk membangun kekebalan tubuh juga.

Quinoa

Disebut makanan kecantikan karena Quinoa memang dibutuhkan kulit. Quinoa membantu dalam produksi kolagen yang membuat kulit lebih elastis dan sehat. Tak cuma itu, Quinoa juga membantu kulit melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik penuaan, dll. Manfaat lain yang bermanfaat adalah sifat mengatur sebum yang membantu kamu melawan jerawat.

Lidah Buaya

Sama menakjubkannya dengan kelapa, Aloe Vera atau lidah buaya adalah raja makanan serba guna. Gel yang diekstrak dari bagian dalam tanaman adalah ramuan kebaikan. Ini digunakan dalam berbagai produk untuk mengobati masalah kulit, jerawat, jaringan parut dan kulit terbakar. Gel lidah buaya bahkan dapat digunakan sebagai bahan utama produk untuk meningkatkan tekstur kulit dan memperlambat penuaan. Minum jus lidah buaya membantu menyembuhkan sembelit dan mulas, juga memberikan manfaat pencernaan an bisa bikin kulit glowing.

Minyak zaitun

Tidak ada yang bisa menggantikan dosis minyak zaitun yang sehat. Gunakan minyak zaitun extra-virgin untuk membantu mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko kolesterol, jantung, payudara, atau masalah pencernaan. Ini tidak hanya menambah rasa sehat pada makanan, tetapi juga dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan. Secara alami, dikemas dengan antioksidan anti-penuaan bersama dengan kualitas menghidrasi. Jika ingin tahu bagaimana cara menggunakan minyak zaitun, minyak ini ternyata juga bisa untuk perawatan rambut, kuku hingga scrub bibir. Minyak zaitun tidak pernah mengecewakan hasilnya.