Anggunnya Gaya Iriana, Mufida dan Wury Estu di Pelantikan Presiden

Ibu Iriana Joko Widodo, Hajah Mufida Jusuf Kalla, Ibu Hajah Wuri Estu Maruf Amin
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin telah dilaksanakan di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. Dalam pelantikan tersebut, Jokowi ditemani sang istri, Iriana.

Dalam momen bersejarah tersebut, Iriana tampak mengenakan baju kurung putih dengan detail bunga-bunga. Ia juga mengenakan selendang batik cokelat tua dengan motif kombinasi tumpal yang selaras dengan pakaiannya.

Rambut Iriana disanggul yang berujuran cukup besar. Riasan mukanya dibuat natural dengan dihiasi lipstik pink cerah. 

Sementara itu, istri Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani juga hadir menamani pelantikan sang suami. Wury mengenakan kebaya putih dengan kerudung berwarna abu-abu.

Duduk berjajar dengan Iriana dan Wury, tampak istri Jusuf Kalla, Mufidah juga hadir menemani suami. Mufidah tampak mengenakan busana berwarna biru untuk menyelaraskan dengan Jusuf Kalla. Ketiganya terlihat anggun, cantik dan bersahaja.

Pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sempat mengalami penundaan. Sedianya, pelantikan dilakukan pada Minggu, 20 Oktober 2019, tepat pukul 14.30 WIB. Tak ada sebab jelas mengapa pelantikan belum juga dilaksanakan meski waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB.

Jika mengacu pada susunan acara, prosesi pelantikan didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pengucapan sumpah presiden dilakukan pada pukul 14.56 WIB, sedangkan pengucapan sumpah wakil presiden dilakukan pada pukul 14.58 WIB. 

Tepat pukul 15.00 WIB, berita acara pelantikan sudah ditandatangani. Setelah penyerahan berita acara dan MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna, pukul 15.12 Jokowi dijadwalkan membacakan pidato presiden. 

Tapi, saat jam sudah menunjukkan pukul 15.08 WIB, pelantikan belum juga dimulai. Tak ada penjelasan mengapa upacara pelantikan molor hingga lebih dari 30 menit.