JFW 2020 Tampilkan Produk Fesyen Berkelanjutan

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati

VIVA – Peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, Jenna Jambeck, menyebut bahwa Indonesia merupakan negara nomor dua penghasil sampah plastik di dunia. Karena itu, pemerintah berupaya mengurangi sampah plastik. 

Berbagai kalangan pun mulai menyadari, dan berlomba-lomba menggaungkan gerakan bijak memakai plastik. Beberapa swalayan memberlakukan plastik berbayar, begitu juga dengan kedai kopi yang mulai menyediakan sedotan ramah lingkungan.

Soal sampah plastik yang terlanjur sudah ada, kita bisa memanfaatkannya kembali untuk dibuat aneka kerajinan yang unik dan memiliki daya jual, seperti dibuat tempat pensil, pot tanaman, serta kalung dari tutup botol.

Dalam industri fashion, botol bekas plastik kemasan bisa dibuat menjadi berbagai aksesori, seperti tas, kalung, riasan rambut, dan lain sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu merek air minum kemasan, yang membuat botol plastik bekas menjadi berbagai aksesori dan dipamerkan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.

"Kami ingin memperkenalkan produk-produk fesyen yang berkelanjutan, sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah," ujar Brand Director Danone - Aqua, Intan Kartika di Senayan City Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.

Di JFW 2020, mereka menampilkan total 14 looks. Model-model menggunakan aksesori kepala, kalung dan tas yang dibuat dari botol bekas plastik. Sedangkan, untuk footwear menggunakan Pijakbumi, sepatu yang juga berbahan ramah lingkungan.

Pagelaran yang turut menggandeng model dan aktris Kelly Tandiono dan Ayla Dimitri ini, memperagakan balutan busana karya Fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan polyester, yakni hasil olahan daur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial.

Peragaan busana ini juga menampilkan pertunjukan musik oleh Jakarta Movement of Inspiration (JKTMoveIn), komunitas seni pertunjukan terbesar di Jakarta. JKTMoveIn memiliki misi untuk memberdayakan pemuda, serta mengomunikasikan kebaikan dan hal-hal positif kepada publik melalui pertunjukan seni.