Jangan Cat Rambut Kalau Belum 17 Tahun

Rambut berwarna.
Sumber :
  • Pixabay/Matlachu

VIVA – Mengganti warna rambut menjadi pilihan paling banyak digemari untuk mengubah penampilan agar lebih menarik. Tren warna rambut terus berganti mengikuti selera pasar.

Tapi, mewarnai rambut tak boleh dilakukan sembarangan meski bisa dilakukan oleh siapa saja. Menurut hairstylist Double Hair Studio Central Park, Jakarta, Rendy Atmadja, perawatan yang menggunakan produk berbahan kimi sebaiknya dilakukan ketika perempuan sudah cukup usianya.

"Kalau perawatan idealnya di usia 12 tahun, itu pun enggak boleh pakai yang kimia, chemical kaya dikeriting itu belum boleh. Paling hanya perawatan untuk batang rambut saja. Creambath sebenarnya enggak dianjuri untuk anak-anak, apalagi untuk anak-anak 12 tahun ke bawah," kata Rendy kepada VIVA, Minggu, 3 November 2019.

Baca juga: Ulang Tahun, Kendall Jenner Request Headpiece ke Rinaldy Yunardi

Sedangkan untuk perawatan rambut, Rendy menganjurkan agar usia anak-anak sebaiknya di-highlight atau ombre yang lebih aman. Idealnya, cat rambut baru boleh dilakukan saat sudah menginjak usia 17 tahun. 

Sebelum melakukan cat rambut, sebaiknya konsultasikan dahulu ke stylist. Biasanya, stylist akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada klien seperti sudah pernah dicat sebelumnya atau tidak, perawatan apa yang pernah dilakukan, dan sampo apa yang dipakai.

"Kalau dia perah pakai sampo tertentu yang basic-nya menghitamkan, itu enggak bisa di-color. Setelah itu usia perlu ditekankan, harus 17 tahun minimal. Di bawah itu, tidak dianjurkan untuk cat total. Paling cuma ombre, layering atau highlight," kata Rendy.

Sementara untuk pemilihan model rambut, Rendy menyarankan agar menyesuaikan dengan bentuk wajah. Untuk perempuan yang berwajah kotak, ia menganjurkan agar poni dibuat melebihi dagu. Karena yang berwajah kotak akan menonjol dagunya jika memiliki poni pendek.

"Disarankan untuk memotong model yang panjang sekalian supaya rahangnya agak ketutup," saran Rendy.

Untuk yang berwajah oval, bisa memiliki model rambut apa saja. Mulai dari memakai poni, lurus, hingga dikeriting. Sedangkan yang berwajah bulat, sebaiknya dipotong panjang rata, minimal di bawah bahu dan berikan volume di bagian atas.