Efektif Gak Sih Pakai Krim Wajah Buat Hilangkan Kerutan?

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kerutan cukup jadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan wanita. Apalagi jika sudah masuk usia 30-an, biasanya wanita yang tadinya cuek dan malas melakukan perawatan, jadi memikirkan hal ini dan mulai peduli dengan kulit wajahnya.

Salah satu cara yang dianggap sebagai solusi paling mudah dan ampuh adalah dengan menggunakan krim atau skincare. Apalagi banyak produk di pasaran yang menjanjikan dapat menghilangkan kerutan. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Ditemui saat peluncuran Ilsactivine Flash Lift, spesialis kulit dan kelamin, dr. Rita Maria, SpKK mengatakan bahwa kerutan tidak hanya bisa diatasi dengan krim saja, tapi juga dengan perawatan ke dokter. Kecuali, jika kerutanmu masih tergolong halus yang muncul di usia 20-an tahun.

"Kalau kerutannya masih ringan, masih halus, bisa menggunakan krim. Tapi kalau sudah dalam, sudah berat, sudah banyak, istilahnya sudah melorot, itu tidak cukup hanya pakai krim dan harus dibantu treatment," ujarnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Desember 2019.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kalau pun menggunakan krim, pengaplikasiannya harus dalan jangka panjang. Selain itu, perawatan yang dilakukan pun harus ke dokter, seperti dilaser, radio frekuensi, dan lain-lain.

Sebaliknya, kalau kondisi kulit masih bagus, penggunaan pelembap dan tabir surya juga bisa membantu memerlambat penuaan.

"Karena menua itu pasti. Tapi apakah cepat atau lambat, karena menua harusnya sesuai kulitnya. Makanya ada istilah penuaan dini," lanjut dia.

Mira turut memperingatkan, buat Kamu yang masih usia muda hendaknya sudah mulai merawat wajah sejak dini. Cukup dengan melakukan perawatan dasar.

"Misal kalau kulit normal atau cenderung kering ya pakai pelembap, lalu sunblock. Wajib dipakai rutin diulang tiap dua sampai tiga jam. Rajin bersihkan wajah. Mulai sedini mungkin, jangan tunggu ada masalah," tutupnya.