Frederika Alexis Cull Cetak Sejarah Baru di Miss Universe 2019

Frederika Alexis Cull
Sumber :
  • Instagram Puteri Indonesia

VIVA – Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull mencetak sejarah dengan menjadi perwakilan Indonesia yang tembus 10 Besar Miss Unverse 2019. Tentu ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan, mengingat ini pertama kalinya Indonesia berhasil menjadi 10 Besar di ajang kecantikan bergengsi di dunia itu.

Sejak larangan mengikuti ajang kecantikan internasional dicabut, Indonesia hampir tak pernah absen mengirimkan wakilnya ke Miss Universe. Tahun 2005, Indonesia yang diwakilkan Artika Sari Devi berhasil masuk ke dalam 15 Besar.

Sayang, prestasi Indonesia di Miss Universe seperti 'tenggelam' beberapa tahun kemudian. Hingga tahun 2013, Whulandary Herman yang membawa nama Indonesia membawa kabar bahagia. Ia masuk ke dalam 16 Besar Finalis.

Prestasi gemilang terus diraih Indonesia di tahun-tahun berikutnya. Elvira Devinamira berhasil tembus ke 15 Besar Miss Universe 2014, Anindya Kusuma Putri juga masuk ke 15 Besar Miss Universe 2015, disusul dengan Kezia Warouw yang berhasil masuk ke 13 Besar Miss Universe 2016.

Tahun 2017, Indonesia yang diwakili oleh Bunga Jelitha tak berhasil tembus ke jajaran finalis terpilih. Namun, di tahun berikutnya, Sonia Fergina Citra berhasil masuk ke dalam 20 Besar Miss Universe 2018. Hingga kemudian di tahun 2019, barulah Frederika Alexis Cull berhasil membawa nama Indonesia ke dalam 10 Besar Miss Universe 2019.

Dalam potongan video yang diunggah di akun Instagram Puteri Indonesia, Frederika tampil penuh percaya diri di panggung Miss Universe 2019. Tak ada kendala bahasa karena Frederika terdengar sangat fasih berbicara bahasa Inggris.

Ia pun dengan lugas menyerukan keprihatinannya terhadap isu hak asasi manusia terkait akta kelahiran. Itu juga yang ia kampanyekan melalui yayasan dibangunnya sendiri, Voice for the Voiceless.

"Ada banyak orang di dunia ini tidak memiliki suara karena fakta mereka tak punya akta kelahiran, hak asasi manusia yang paling dasar. Yayasanku Voice for the Voiceless berjuang untuk semua penduduk Indonesia untuk mendapatkan hak itu," ujar Frederika.

Dalam sebuah video, Frederika yang mengenakan gaun berwarna silver sempat berbincang dengan pembawa acara. Raut mukanya tampak bahagia berhasil masuk ke dalam deretan 10 besar finalis ratu sejagat itu. 

"Saya sangat-sangat gembira bisa berada di sini, karena ini adalah pencapaian tertinggi yang pernah diraih Indonesia," ungkap Frederika saat diwawancarai.

Puteri Indonesia yang merupakan mahasiswi Bisnis Internasional itu bersaing dengan 85 finalis dalam ajang Miss Universe 2019. Malam puncak Grand Final sendiri digelar pada tanggal 8 Desember 2019 di Tyler Perry Studio, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Tahun ini, Indonesia melalui Frederika Alexis Cull harus cukup puas menyabet prestasi 10 Besar Miss Universe. Mahkota Miss Universe 2019 jatuh ke finalis asal Afrika Selatan, Zonzibini Tunzi.