Tips Padu Padan Kebaya Klasik Ala Maudy Koesnaedi

Maudy Koesnaedi
Sumber :
  • VIVA/ Sumiyati

VIVA – Semenjak mengikuti ajang pemilihan Abang None Jakarta 1993, aktris Maudy Koesnaedi sudah sangat familiar dengan kebaya, terutama kebaya encim yang menjadi ciri khas budaya Betawi. 

Saking familiarnya, pemeran Zaenab di sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini sangat menyukai kebaya. Saat menjadi host sebuah acara fashion show, Maudy mengakui kebaya encim sudah sangat mendarah daging dengan dirinya. 

"Apa saja sih kalau aku (kebaya). Yang klasik juga suka, kebaya kurung, kebaya panjang juga suka. Kalau kebaya encim itu sudah mendarah daging sejak Abang None Jakarta sih ya. Jadi dari kebaya encim yang klasik banget yang cuma satu warna, yang bordirnya warna-warna, pendek, panjang, asal disesuaikan saja sama event-nya," ujarnya di The Darmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Maudy menceritakan dia masih menganut paham klasik. Menurutnya, saat menggunakan kebaya, dia lebih nyaman memadukannya dengan kain. Ia merasa, akan terasa lebih pas jika menggunakan kain. 

"Kalau pun mau pakai celana ya disesuaikan. Kebayanya harus yang modern, harus disesuaikan juga. Kalau pun mau pakai celana, kan ada celananya yang disesuaikan sama bahan kebayanya, lace sama lace, jadi harus disesuaikan saja sih," kata dia. 

Wanita 44 tahun ini kurang setuju, pandangan kebaya klasik dipadukan dengan celana jeans. Menurutnya, bukan tidak boleh menggunakan jeans, namun harus diperhatikan bahan dan gaya kebaya dengan celana jeans itu sendiri. 

Nah, menggunakan kebaya juga akan lebih chic jika dilengkapi dengan aksesori. Kata Maudy, pilihan paling aman adalah aksesori yang terbuat dari mutiara. 

"Karena kalau kebaya tuh mutiara itu kayak aman gitu bisa dipakai. Tapi kan seiring dengan perkembangan fesyen, aksesori juga berkembang. Ada perhiasan-perhiasan tradisional yang juga sudah semakin modern, ada tulola, malika, banyak lah yang lokal-lokal bikin," jelas Maudy. 

Namun, istri dari Eric Meijer ini mengaku dia lebih menyukai aksesori yang ada unsur etnik dan klasiknya saat memakai kebaya. "Agak jarang sih kalau pakai kebaya tapi aksesorinya yang modern, futuristik gitu ya. Disesuaikan juga," tuturnya.