Ini Tips Membersihkan Wajah dan Cuci Muka yang Benar Biar Kulit Sehat

Ilustrasi wanita/kulit wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Membersihkan wajah memang sangat penting, apalagi buat wanita yang enggak bisa lepas dari make-up. Membersihkan wajah jadi rutinitas yang wajib dilakukan. Umumnya, kebanyakan orang berpatokan membersihkan wajah itu dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Tapi ternyata, enggak selalu demikian lho.

Ditemui saat acara Senka Perfect Whip, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Eddy Karta, SpKK, mengatakan membersihkan wajah atau mencuci muka enggak harus berpatokan dua kali sehari. Semuanya harus disesuaikan dengan cuaca dan aktivitasmu.

"Kalau di cuaca dingin cukup sehari sekali. Tapi tergantung aktivitas, kalau kaya di Indonesia umumnya dua kali, tapi kalo aktivitasnya di luar ruangan bisa 3-4 kali. Tapi ingat, harus perhatikan pemilihan produknya, harus bener-bener sesuai dan cocok dengan kulit kita," ujarnya di MAJ Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 18 Februari 2020.

Menurut dr. Eddy, membersihkan wajah atau mencuci wajah hingga 3-4 kali sehari tidak masalah, asal tepat pemilihan produk dan tepat pula cara membersihkan wajahnya. Cara menggosok atau memijat wajah juga harus diperhatikan, terutama enggak boleh terlalu kuat.

"Karena kalo bersihinnya terlalu kuat kan sebenernya bersihin make-up enggak gampang-gampang amat. Kapasnya salah bisa jadi iritasi. Tapi, umumnya kalau dengan oil (cleanser) didiamkan sebentar lalu dibersihkan boleh, jadi jangan oil langsung digosok. Dikasih minyak sebentar, bersihin dulu semua rata, belum pakai tekanan. Lalu, sesudah dia lumerin semua make-up nya baru dibersihkan," lanjut dia.

Dokter Eddy juga turut memberikan tips bagaimana langkah-langkah cara membersihkan wajah yang benar. Kalau kulit kamu sangat kotor, mulailah membersihkannya dengan menggunakan oil cleanser terlebih dahulu.

"Kalau wajahnya kotor banget, bersihkan minyak lawan minyak. Itu pilihannya, bisa pakai pembersih bisa pakai oil cleanser, atau kalau terpaksa bisa pakai micellar water. Sesudah itu pakai sabun, sesudah sabun dan air, baru toner. Itu langkahnya," kata dia.

Mencuci muka harus dilakukan minimal dua kali sehari. Hal ini sangat penting, karena sisa make-up, moisturizer dan sunscreen yang masih melekat di kulit, harus dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajahmu.

"Kalau kita pakai moisturizer itu ada umurnya 8 jam basi di wajah dan harus dibersihkan. Jangan ada moisturizer bekas semalem sampai siang, harus dibersihkan. Kemudian pas pulang aktivitas, jadi minimal 2 kali. Kalau malam enggak cuci muka lagi, misal pulangnya Magrib enggak mau cuci muka lagi, setidaknya dibasuh air," tutur Eddy.

Kalau make-up yang kamu pakai tidak terlalu berat, kamu bisa langsung membersihkannya dengan facial wash. Tapi, lain hal jika make-up yang kamu pakai sudah tergolong berat, seperti menggunakan cushion atau foundation.

"Kalau dia pakai bedak tabur, sunscreen, apalagi yang waterbase, itu bisa pake sabun aja cukup. Tapi, kalau makeup-nya udah menyentuh BB cushion, foundie, itu sebaiknya double cleansing sih, karena kita enggak mau ada sisa make-up yang tinggal," ungkap dr. Eddy.