Cara 'Rapunzel' Amerika Merawat Rambut Superpanjang

Andrea Colson
Sumber :
  • instagram.com/andrea.69

VIVA.co.id – Seorang wanita bernama Andrea Colson memiliki rambut panjang seperti halnya tokoh Rapunzel di film animasi Disney. Wanita berusia 33 tahun itu memiliki rambut pirang sepanjang 162,57 centimeter (cm).

Wanita asal Amerika Serikat (AS) yang kini tinggal di Micronesia ini memanjangkan dan merawat rambutnya sejak kecil. Dia mengaku memanjangkan rambut karena terinspirasi Rapunzel.

Untuk membuat rambutnya tetap sehat, Andrea anti mewarnai lantaran menyakini bahwa cat bisa merusak rambutnya. "Saya tidak pernah mewarnai rambut, sehingga rambut tetap sehat," kata dia, seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis, 24 Agustus 2017.

Dia mengatakan bahwa ketika usianya dua tahun, rambutnya hanya sebahu. Dan saat remaja, rambutnya mencapai lutut. Setelah itu, dia terus memanjangkan rambutnya hingga melebihi mata kaki.

Untuk merawat rambutnya tetap sehat dan dalam kondisi prima, dia memangkas sedikit ujung rambut setiap tiga atau empat bulan sekali. Itu dilakukan untuk menghindari penampilan rambut runcing dan tipis di bagian ujung.

Rahasia lain dari rambut sehatnya adalah minyak kelapa, yang dipijatkan ke rambut dan dibiarkan selama satu jam sebelum dicuci. Dia melakukannya dua kali dalam sepekan.

Dia juga memakai sampo biasa, tapi hanya digunakan untuk mencuci ujung rambut dan tidak sampai kulit kepala. Sebab, jika sampai kulit kepala akan membuat rambutnya menjadi rapuh. Selain itu, Andrea hanya menggunakan air dingin untuk mencuci rambutnya.

Dia mencuci rambut tiap malam, lalu meluruskannya di bantal hinggal lantai untuk membuatnya kering saat tertidur. Kadang, dia juga membutuhkan waktu beberapa hari untuk melembapkannya.

Di samping itu, dia juga meluruskan rambutnya sekali atau dua kali dalam setahun, yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Andrea juga mengeringkan poninya setiap hari secara alami, tanpa menggunakan hair dryer.

"Menurut saya, panas bisa membuat rambut rusak," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga rajin memakai masker rambut buatan sendiri sekali dalam sebulan. Masker itu terbuat dari telur, minyak kelapa dan minyak zaitun. Dia juga menyakini bahwa selai kacang yang dimakannya baik untuk kesehatan rambut.

Soal menata rambut, selain diurai, dia juga suka menggelung atau mengepang rambut superpanjangnya. Namun dibutuhkan waktu cukup lama untuk melakukannya. Bahkan, dia membeli kunciran khusus untuk rambutnya.

Untuk menyanggul atau mengepang, dia membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit. Lamanya waktu tergantung kompleksitas model rambut yang diterapkan.

"Bila saya mengepang dan tidak dapat mencapai bagian bawah, saya akan mengelungnya di sekitar leher dan hasilnya sangat baik," katanya.