Aturan Penting Agar Bra Kesayangan Tak Mudah Rusak

Bra/pakaian dalam.
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Kebanyakan bra bagus, biasanya memiliki harga yang mahal. Dan pemeliharaan yang baik akan membuat bra bertahan lebih lama.

Untuk membuat pakaian dalam kesayangan Anda berumur panjang, ada sejumlah aturan yang wajib dilakukan. Berikut ini lima aturan merawat bra supaya awet seperti dilansir dari Stuff.

Jangan pakai bra lebih dari dua hari
 
Meski bra berkualitas dan Anda sangat menyukai mengenakan bra tersebut, namun sebuah bra membutuhkan waktu istirahat demi mempertahankan elastisitasnya dan membuatnya bertahan lebih lama. Jadi, jangan pernah memakai bra yang sama lebih dari dua hari secara berturut-turut.

Dicuci tiap tiga hari

Sebuah bra sebaiknya dicuci setiap tiga hari sekali. Jadi, jika Anda memiliki tiga bra dan dipakai secara rotasi maka setelah tiga kali dipakai, segera cuci.

Cuci dengan tangan

Mencuci bra dengan menggunakan mesin justru akan merusak elastisitasnya. Selain elastisitas rusak, juga berpotensi merusak pakaian lain karena tersangkut kait bra.

Jika Anda ingin bra tahan lama, cara terbaik adalah mencucinya dengan tangan. Anda bisa mengisi ember atau wastafel Anda dengan air hangat dan tuang sedikit detergen cair yang lembut, lalu rendam sekitar 20 menit, baru cuci perlahan. Kemudian bilas dan tiriskan sebelum mengeringkan.  

Mencuci dengan mesin, pakai kantong khusus

Jika Anda terburu-buru dan tidak sempat mencuci dengan tangan, pakai kantong khusus pakaian dalam adalah solusinya. Anda sebaiknya memilih kantong khusus yang bisa melindungi bentuk bra saat dicuci. Perlu diingat, tutup pengait pada bra sebelum memasukkan ke dalam kantong khusus, pilih pencucian yang lembut dengan menggunakan detergen ringan.

Pengeringan yang tepat

Meremas atau memasukkan bra ke mesin pengering bisa merusak bra Anda, termasuk mengubah bentuknya. Anda cukup menggunakan handuk untuk meresapkan airnya. Dan jangan menjemur bra langsung di bawah sinar matahari atau mengantungnya di bagian tali.

Cara yang tepat adalah dengan meletakkan bra di tempat pengeringan yang datar. Cara lainnya agar tali bra tetap elastis, gantung di bagian tengah, di antara kedua cup.