Kenapa Kebanyakan Putri Disney Bergaun Warna Biru?

Putri Salju
Sumber :
  • http://princess.disney.com

VIVA – Jika bukan dibuat tertidur dan menunggu pangeran mempesona datang membantu, para putri ini akan diracun dengan apel atau dipaksa melakukan pekerjaan rumah tangga oleh kerabat yang jahat. Begitulah, secara umum gambaran tokoh-tokoh putri dalam dongeng animasi Disney.

Tapi ternyata, bahkan putri yang hanya bisa tertidur pun tetap dapat mengirimkan pesan pemberdayaan dan kekuatan kepada para perempuan. Bagaimana caranya? Dilansir dari laman Metro, semua itu terlihat dari warna gaun yang mereka kenakan, biru.

Dari Putri Jasmine, Belle, Ariel hingga Putri Salju, semua mengenakan warna biru dalam gradasi berbeda-beda. Ya, jauh dari stereotip putri yang selalu berwarna merah muda, ikon-ikon putri ini semua bergaun warna aqua gelap, biru bunga jagung, dan biru navy.

Bahkan Dorothy dari Wizard of Oz juga dipakaikan gaun pinafore berwarna biru terang dan kaus kaki biru. Lantas, kenapa warna biru?

Itu karena, biru nampaknya merupakan warna dari kepercayaan, ketenangan, dan ketenteraman, serta kepercayaan diri. Menurut direktur eksekutif Pantone Color Institute, semua orang punya preferensi alamiah untuk warna biru, sebagian dikarenakan warna langit.

"Ini warna yang dicari, untuk melihat langit biru. Biru bisa diandalkan, dipercaya. Langit bisa tertutup awan, tapi kita tahu dia (warna biru) ada di sana," ujarnya kepada Allure.

Dan konotasi positif dari kepercayaan dan kesetiaan mungkin bisa menjadi alasan kenapa biru selalu diidentikkan dengan laki-laki, dengan harapan mereka bisa menjadi pria kuat dan baik.

Kemungkinan Disney memakaikan para putrinya dengan warna biru untuk menunjukkan bahwa mereka adalah putri yang setia dan dapat diandalkan. Bahkan, di kala mereka membutuhkan ksatria gagah untuk mematahkan kutukan mereka.