Waspada 10 Barang Rumah Tangga Ini Sangat Mudah Terbakar

Ilustrasi perabotan rumah.
Sumber :

VIVA – Melindungi rumah dari bahaya kebarakan memang sangat penting. Namun adanya barang-barang rumah tangga yang berbahaya yang tanpa disadari akan sangat mudah terbakar seringkali tidak diketahui. Untuk itu, Anda harus waspada, barang-barang rumah tangga apa saja yang akan mudah terbakar

Dilansir laman Reader's Digest, perlu Anda tahu, suatu zat dianggap sangat mudah terbakar jika titik pengapiannya lebih rendah dari 90 Derajat Fahrenheit.

Nah, mulai dari sekarang, periksa barang-barang rumah tangga yang sangat mudah terbakar ini. Beberapa dari barang-barang rumah tangga ini mungkin mengejutkan Anda. Berikut daftarnya.

Tepung Terigu

Jika sering menyimpan tepung terigu di rumah, hati-hati, bahan dapur ini ternyata berbahaya dan mudah terbakar, terutama debu tepung yang terbang di udara. Bahkan, banyak makanan bubuk, seperti krim non-dairy, rempah-rempah, dan susu bubuk akan sangat mudah terbakar jika terkena api. Ini karena bahan dapur ini dapat dengan mudah terbakar dari semua sisi, jadi akan cepat menyala saat terkena nyala api. Untuk itu berhati-hatilah ketika Anda menyimpan makanan kering dan bertepung.

Produk Kecantikan

Banyak produk kecantikan mengandung bahan kimia yang sangat mudah terbakar. Karena sering digunakan dan selalu ada di meja rias, Anda harus tahu, produk kecantikan apa saja yang bisa berbahaya dan mudah terbakar.

Produk-produk favorit seperti hair mousse, hair spray, dan parfum spray semuanya dapat menimbulkan bahaya jika tidak digunakan dengan hati-hati. Produk-produk ini berbahaya jika kemasannya berupa kaleng aerosol. Tidak hanya mudah menyala jika terkena nyala api, tetapi juga bisa meledak jika dibiarkan di letakkan di jendela yang terkena sinar matahari. Simpanlah selalu produk-produk tersebut dengan aman dari sinar matahari.

Krim kulit berbasis parafin

Krim kulit mungkin tak pernah terfikir bisa jadi produk yang mudah terbakar. Tapi ada beberapa kecelakaan mengerikan ketika orang menggunakan produk kulit berbasis parafin yang telah direndam ke dalam pakaian mereka dan kemudian api dinyalakan. Pada tahun 2006, Philip Hoe dari Doncaster, Kerajaan Inggris, meninggal ketika pakaiannya terkena percikan api saat ia menyalakan api untuk sebatang rokok. Dia telah menggunakan krim berbasis parafin untuk mengobati kondisi kulit, dan beberapa krim meresap ke dalam pakaiannya. Agar bahaya ini tidak terjadi, selalu bersihkan pakaian yang terkena krim kulit tersebut pada suhu tinggi dan hindari percikan api.

Pembersih tangan

Pembersih tangan sangat berguna ketika Anda saat bepergian jauh. Tetapi banyak produk pembersih tangan mengandung alkohol, sehingga produk ini akan mudah terbakar jika terkena nyala api. Meskipun sangat jarang terjadi, namun pernah ada kejadian, ketika kebakaran disebabkan oleh pembersih tangan dan listrik statis. Jadi selalu gunakan produk ini dalam jumlah yang sedikit dan segera keringkan karena alkohol yang terkandung di dalamnya akan sangat mudah terbakar.

Minyak goreng

Masuk akal rasanya jika minyak goreng dianggap sebagai produk rumah tangga yang sangat mudah terbakar. Bahkan, proporsi kebakaran rumah yang tinggi disebabkan ketika minyak goreng terbakar, seringkali ini terjadi ketika wajan berisi minyak dibiarkan tanpa pengawasan.

Pada tahun 2018, tiga rumah hancur di Calgary, Ontario, dan dua rumah lagi rusak setelah sebuah panci masak terbakar ketika ditinggalkan tanpa pantauan.

Dan perlu diketahui juga, jangan pernah memadamkannya dengan air karena api yang menyala bisa jadi lebih besar. Dan perlu diingat juga, jangan pernah coba membawa panci ke luar karena kemungkinan akan meneteskan minyak yang mudah terbakar saat Anda pergi yang bisa memicu kebakaran jadi lebih besar.

Akan lebih baik padamkan api dengan cara menutup panci dengan lap basah atau handuk piring dan biarkan setidaknya 30 menit.

Aseton untuk menghapus warna cat kuku

Nail polish remover atau penghapus cat kuku mengandung aseton yang sangat mudah terbakar. Api bahkan bisa menyala dari jarak yang agak jauh. Pada 2016, wanita Texas, Brittany Smith membakar lebih dari 30 persen tubuhnya ketika asap dari penghapus cat kuku terbakar akibat nyala api lilin di dekatnya. Jangan pernah gunakan penghapus cat kuku di dekat api.

Produk laundry

Hampir semua produk untuk mencuci, termasuk deterjen penghilang noda dan pelembut kain akan mudah terbakar. Jadi penting untuk menyimpannya di tempat yang aman, dan hindari paparan nyala api saat Anda menggunakannya. Tentu saja, bahan-bahan kimia ini juga dapat menimbulkan risiko bagi anak-anak kecil. Untuk itu, pastikan pula untuk membuangnya di tempat yang jauh dari jangkauan anak dan pastikan pula sisa produk atau bungkus produk tersebut aman jika dibuang.

Produk otomotif

Produk-produk otomotif sering pula disimpan di dalam rumah seperti minyak rem atau minyak lainnya yang biasa digunakan untuk keperluan otomotif merupakan produk yang juga sangat mudah terbakar. Biasanya, produk-produk ini disimpan di garasi mobil rumah dan sangat berpotensi menyebabkan kebakaran jika terkena nyala api. Jadi jangan pernah simpan produk ini di sembarang tempat. Pastikan produk-produk ini jauh dari sumber panas dan jangan menyimpannya di dekat pintu karena bisa menghambat proses penyelamatan diri jika kebetulan terjadi kebakaran di garasi.

Bahan kimia pembersih kolam renang

Memiliki kolam renang sendiri di rumah memang bisa memanjakan diri saat di musim panas. Tetapi  bukan hal yang mudah menjaga airnya tetap bersih dan higienis. Untuk itu diperlukan penggunaan bahan kimia yang kuat seperti klorin agar air kolam selalu bersih. Tapi produk ini pun sangat berbahaya jika diletakkan sembarangan dan mudah terkena percikan api. Jadi selalu simpan produk ini di tempat yang aman dan kering.

Semir Sepatu dan bola pingpong

Banyak yang tidak tahu, jika ada beberapa barang rumah tangga yang mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda bisa sangat mudah terbakar. Misalnya, semir sepatu hitam. Semir sepatu ini mengandung debu arang. Tak hanya semir, kapur barus pun sangat mudah terbakar. Dan yang mungkin tidak pernah terpikir adalah bola pingpong. Benda ini juga akan mudah terbakar jika terkena api.

Sebagian besar kebakaran rumah terjadi karena kecerobohan atau banyak orang tidak menyadari risikonya. Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan sederhana dan memahami sifat barang rumah tangga sehari-hari Anda, mungkin ini bisa jadi cara pencegahan kebakaran yang sederhana namun sangat membantu.

Dan penting pula bagi Anda memiliki asuransi yang bisa memberikan benefit perlindungan rumah, termasuk perlindungan dari bahaya kebakaran.

Salah satu pilihan asuransi rumah adalah happyHome dari happyOne.id. Selain biaya premi yang terjangkau dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari asuransi happyHome ini.

Bukan hanya memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko. Asuransi ini juga dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, biaya pemadam kebakaran hingga santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran.

Info lebih lengkap mengenai manfaat dari happyHome bisa dilihat di www.HappyOne.id.