2 Kesalahan Paling Sering Penyebab Rumah Kebakaran

Ilustrasi tersengat listrik
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kebakaran menjadi salah satu kecelakaan yang paling sering terjadi di rumah. Umumnya kebakaran disebabkan kebiasaan buruk dalam penggunaan gas dan listrik.

Menurut Kepala Pleton Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Wilayah Jakarta Utara Tri Heru Susanto, gas dan listrik memiliki grafik yang sangat tinggi sebagai penyebab kebakaran di rumah-rumah.

"Cara penempatan kabel, contohnya seharusnya kapasitas yang tinggi seperti kulkas memakai kabel yang tipis, dampaknya menjadi panas. Kemudian colokan yang ditumpuk penggunaannya," kata Heru kepada VIVA saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta, Selasa 1 Januari 2019.

Meski Dinas Pemadam Kebakaran secara rutin memberikan penyuluhan dan edukasi langsung ke masyarakat, namun kesalahan itu masih sering dilakukan. Padahal panas dari kesalahan penggunaan listrik sangat berisiko memicu kebakaran.

Selain itu, lanjut Heru, kelalaian dalam penggunaan kompor juga sering menjadi penyebab kebakaran di rumah. Misalnya, meninggalkan dapur saat memasak dengan kompor menyala.

"Banyak yang berasumsi kalau gas itu tabung yang meledak, padahal itu adalah selangnya yang bocor," kata Heru.

Ketika selang bocor, gas pun akan memenuhi ruangan. Apalagi jika ruangan tertutup tanpa ada pintu dan ventilasi, ketika listrik dinyalakan atau dimatikan, akan menimbulkan percikan yang memicu ledakan.

Karena itu, saat tercium bau gas dianjurkan untuk membuka pintu atau jendela agar gas mereda.