Jangan Sembarang Campur Alat Pembersih Rumah, Bahaya Banget

Ilustrasi membersihkan rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Agar lebih efisien dalam memanfaatkan ruang dan juga lebih mudah dicari, banyak orang kerap menyimpan bahan pembersih rumah dalam satu tempat. Mereka biasanya menyimpannya di bawah wastafel atau di dekat kamar mandi.

Tapi, suatu yang mengerikan terjadi pada seorang wanita bernama Dominique Heath di Amerika Serikat saat mencampur pembersih toilet mampet dan pemutih untuk membersihkan toiletnya yang tersumbat. Bahkan hal tersebut membuatnya harus dievakuasi dari rumah.

Campuran tersebut ternyata menciptakan asap gas klorin beracun. Sesuatu yang pernah digunakan sebagai senjata kimia dalam perang. Ketika mata dan tenggorokannya mulai terasa seperti terbakar, dia menelepon pemadam kebakaran, yang dengan cepat mengevakuasi rumah dan jalanan di sekitarnya.

Tetapi ini bukan satu-satunya kombinasi bahan kimia yang harus  dikhawatirkan. Mencampur pemutih dengan bahan lain selain air adalah ide yang sangat buruk. Termasuk mencampurnya dengan produk pembersih lain seperti semir furnitur, pembersih jendela, pembersih oven atau apa pun yang mengandung amonia.

Ini karena percampuran tersebut dapat menghasilkan uap kloramin yang menyebabkan gejala seperti mual, batuk, sesak napas dan bahkan pneumonia bagi mereka yang menghirupnya.

Selain itu hindari juga mencampur pemutih dengan cuka. Meski pun kombinasi tersebut tampaknya akan menciptakan disinfektan yang bagus, namun ini bisa menciptakan gas klor yang berbahaya.

Tidak hanya itu, mencampur  alkohol dengan pemutih juga akan menghasilkan asam klorida dan kloroform. Hal ini kerap digunakan para penculik dalam film untuk menjatuhkan korban mereka.

Terlalu banyak kloroform di rumah dapat menyebabkan seorang pingsan atau bahkan membunuh. Selain itu asam klorida dapat memberikan Anda luka bakar kimiawi yang buruk.

Produk lain yang harus Anda hindari adalah hidrogen peroksida dan cuka, yang membuat asam perasetat yang dapat menjadi racun dan menyebabkan iritasi pada kulit, mata dan sistem pernapasan.

Soda kue dan cuka juga harus disimpan berjauhan. Ketika dicampur, soda kue akan mulai berbusa. Jadi jika disimpan di dalam wadah tertutup, campuran itu bisa meledak.(nsa)