Mencuci Piring Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan

Ilustrasi mencuci piring.
Sumber :
  • Pixabay/eak_kkk

VIVA – Melakukan pekerjaan rumah tangga yang selama ini hanya dianggap sebagai pekerjaan yang membosankan rupanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian oleh peneliti di Florida State University, Amerika Serikat menyatakannya.

Pekerjaan rumah yang sederhana, seperti mencuci piring bisa memberi ketenangan pada pikiran. Ini dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, mengurangi stres, serta meningkatkan sistem imun.

Sekitar 51 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengatakan, hampir separuh lebih dari partisipan diajarkan untuk fokus pada kesadaran pengalaman mencuci piring, seperti aroma sabun, merasakan busa yang keluar, suhu air dan bentuk serta rancangan piring.

Sementara itu, partisipan lainnya, yang bertindak sebagai kelompok pengendali, fokus pada selesainya pekerjaan. Hasil temuannya pun cukup signifikan. Demikian dilansir dari Real Simple, Minggu, 30 Juni 2019.

Sebanyak 27 persen mahasiswa yang belajar tentang pendekatan pikiran mengalami penurunan rasa gugup dan 25 persen meningkat rangsangan psikisnya usai mencuci piring. Selanjutnya, kelompok pengendali yang hanya mencuci piring seperti biasa disebut tak mendapat manfaat apa pun.

"Secara khusus aku tertarik pada bagaimana aktivitas dalam hidup dapat dimanfaatkan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh," kata Adam Hanley, salah satu peneliti.