Hati-hati, Mencampur Pembersih Lantai dan Pemutih Bahaya Lho

Ilustrasi membersihkan rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika Anda rutin membersihkan rumah, Anda harus berhati-hati terhadap jenis sabun, deterjen, dan pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan lantai rumah, bahkan produk pemutih yang digunakan untuk membersihkan toilet.

Dilansir dari Boldsky, Selasa 23 Juli 2019, mencampur deterjen dan pemutih dapat menyebabkan reaksi mematikan yang berisiko membunuh Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Poison Center of Malaysia, para ilmuwan telah memperingatkan orang  agar tidak mencampur formula pembersih. Hindari mencampur pemutih dengan bahan pembersih atau deterjen lain, karena beberapa bahan kimia rumah tangga, bisa berbahaya bagi kesehatan.

Para peneliti mengungkapkan betapa berbahayanya pencampuran bahan kimia dengan berbagai rincian tentang kasus yang melibatkan seorang ibu rumah tangga, yang tampaknya menderita keracunan parah ketika dia mencampur pemutih pembersih toilet yang mengandung Sodium Hypoclorite bersama dengan cairan pembersih lantai yang mengandung Hydrochloric Acid.

Begitu wanita itu mencampur deterjen dan pemutih bersama-sama, reaksi kimia terjadi, yang menghasilkan produksi gas klorin yang sangat beracun.

Gas kuning kehijauan yang aneh, yang muncul akibat pencampuran dua bahan kimia, dapat menyebabkan gejala-gejala, seperti batuk, kesulitan bernapas, nyeri di dada dan tenggorokan, mual, muntah, dan sakit kepala parah.

Mereka mengungkapkan jika wanita itu terpapar bahan kimia tersebut dalam waktu lama, gejala-gejala ini bisa berakibat fatal.

Kejadian ini telah mendorong para peneliti untuk membuat masyarakat sadar akan dampak berbahaya yang bisa ditimbulkan. Dengan dampaknya yang menakutkan, Anda harus lebih berhati-hati untuk tidak mencampur keduanya karena bisa jadi kombinasi yang mematikan.