Ini Bedanya Toko IKEA Alam Sutra dan Sentul City yang Baru Buka

IKEA Sentul City, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, IKEA akhirnya membuka toko kedua mereka di Indonesia, yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Toko IKEA Sentul City yang mengambil lokasi bekas supermarket Giant itu resmi dibuka untuk umum pada hari ini, Kamis, 28 November 2019.

Menurut Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket, perusahaan yang memegang lisensi IKEA di Indonesia, ada sejumlah alasan mengapa Sentul City dipilih sebagai lokasi kedua toko IKEA di Indonesia. Salah satu alasannya karena mudah diakses oleh masyarakat Bogor, Depok juga Jakarta.

“Memang salah satu kriteria pembukaan toko baru IKEA itu adalah mudah diakses. Apalagi saat ini sedang dibangun infrastruktur LRT sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses IKEA Sentul City," ujar Patrik saat pembukaan IKEA Sentul City di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 November 2019.

Lebih lanjut, Patrik mengatakan bahwa toko IKEA Sentul City memang tidak sebesar IKEA Alam Sutera. Luas lahannya hanya 15.345 meter persegi. Cukup jauh dibandingkan dengan IKEA Alam Sutera yang menempati lahan seluas 4,5 hektar.

Itulah yang kemudian membuat IKEA Sentul City tidak menjual perabotan rumah tangga sebanyak IKEA Alam Sutera.

"Di sini (IKEA Sentul City), kami tidak memiliki furnitur yang ukurannya besar-besar (contohnya, sofa, lemari dan lain-lain). Tapi, jika konsumen ingin membelinya, tetap bisa dipesan di sini dan hari berikutnya bisa langsung diambil di IKEA Sentul City, atau diantar ke rumah dengan tambahan biaya," kata Patrik menjelaskan.

Untuk biaya layanan pengantarannya sendiri berkisar dari Rp24.900 (0-5 kilogram), Rp59.900 (5-10 kilogram) dan Rp139.000 (10-150 kilogram).

Jika barang belanjaan yang ingin diantar lebih dari 150 kilogram, maka dikenakan harga Rp99 ribu untuk 150 kilogram selanjutnya. Sementara untuk pengantaran di atas jarak 60 kilometer, maka biaya pengiriman berlaku berdasarkan berat barang dan jarak.

Tak hanya itu, ada perbedaan mendasar lainnya antara toko IKEA Sentul City dan Alam Sutera. IKEA Sentul City tak hanya menghadirkan deretan menu hidangan khas Swedia, tapi juga sejumlah makanan lokal Indonesia.

IKEA juga akan menambah jumlah outlet dengan membuka toko ketiga dan keempat mereka di Indonesia. Rencananya, 2020 mendatang, IKEA juga akan buka di Jakarta Garden City (Cakung, Jakarta Timur) dan di Bandung, Jawa Barat.