5 Manfaat Tak Terduga Kulit Jeruk, Kalau Gak Tahu Nyesel Lho

Ilustrasi kulit jeruk.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Jeruk menjadi salah satu buah yang digemari oleh semua orang di berbagai kalangan usia. Rasanya yang manis dan segar membuat jeruk begitu diidolakan. Belum lagi kandungan vitamin C yang ada di buah satu ini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang mengonsumsinya.

Jika berbicara jeruk, tentu kita harus mengupas kulit buahnya ketika akan memakannya. Kulit jeruk itu kemudian dibuang lantaran dianggap sebagai sampah. Eits, tapi jangan main asal buang kulit jeruk ya, guys. Sebab, ternyata kulit jeruk memiliki beragam manfaat, lho.

Berikut ini lima manfaat kulit jeruk yang tidak terduga seperti, dilansir dari laman Reader’s Digest, Jumat, 29 November 2019.

Menyegarkan lemari es

Lemari es menjadi barang wajib yang ada di setiap rumah. Mengingat perannya yang besar untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama. Karena fungsinga sebagai tempat penyimpanan, enggak heran kalau kemari es terkadang menimbulkan bau yang kurang sedap.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di lemari es adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk sendiri bisa membuat lemari es menjadi lebih segar dalam waktu cepat.

Bagaimana caranya? Meg Roberts, presiden layanan kebersihan Molly Maid, menyarankan mencampur kulit jeruk dengan garam dan mearuhnya di dalam lemari es.  

"Garam akan menyerap bau dan kelembapan di udara lemari es, sementara buah akan meninggalkan aroma jeruknya," katanya.  

Setelah garam menjadi lembap, keluarkan kulit jeruk dan ganti dengan yang baru sesuai kebutuhan.

Menghilangkan bau di tempat cuci piring

Tempat cuci piring juga sering menjadi sarang bau lantaran tempat ini sering digunakan untuk mencuci daging, ikan dan aneka sayuran. Belum lagi sisa minyak yang digunakan juga sering dibuang di tempat ini.

Hal ini menyebabkan tempat cuci piring menjadi sedikit berbau dan kotor. Tapi Lamu enggak perlu khawatir, karena kulit jeruk bisa mengatasinya.

Menurut Roberts, kulit jeruk secara alami mengandung minyak dan air yang akan menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk di tempat cuci piring, sehingga membuat saluran pembuangan Kamu bersih dan harum.

Membersihkan permukaan kayu

Kulit jeruk ternyata juga ampuh membersihkan permukaan kayu sehingga mengkilap dan wangi. Caranya, cukup campur kulit jeruk dengan cuka untuk membuat pembersih alami dan tidak beracun.

Isi setengah stoples dengan kulit jeruk, tuangkan cuka di atasnya dan biarkan setidaknya selama dua minggu. Saring airnya dan tuangkan ke dalam botol semprotan.

Menjaga  kebersihan lemari pakaian

Jika lemari pakaian Kamu mulai  bau apek, letakkan kulit jeruk di stocking lama dan taruh di lemari pakaian.

"Seperti bunga rampai, ini dapat ditempatkan di mana saja di lemari, apakah itu di rak atau di laci," kata Roberts.

Untuk menjaga lemari Anda tetap segar, ganti kulit jeruk saat mengering.

Menyehatkan dan menghaluskan rambut

Selain kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh. ternyata kulit jeruk juga menyimpam kebaikan untuk kesehatan rambut, lho. Caranya dengan membuat pelembap dari kulit jeruk. Masukkan jeruk beserta kulitnya ke dalam blender, kemudian oleskan ke seluruh rambut Kamu dan tunggu hasilnya.