Tips Mengakali Dinding Rembes di Musim Hujan

Dinding rembes
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Musim hujan sudah tiba. Selain atap bocor masalah lain yang kerap hadir adalah dinding yang merembes. Masalah dinding rembes bukan hanya memperburuk tampian rumah, tapi juga membawa dampak lain.

"Rembes bisa disebabkan dari dinding yang tidak prima. Mulai dari cat dinding yang mengelupas, menggelembung, warna cat dinding yang pudar, hingga munculnya lumut dan jamur. Tentu itu bisa membawa masalah kesehatan," ujar Antony Kostka General Manager Commerce PT. Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof).

Lebih lanjut Anthony mengatakan untuk mengantisipasi hal itu, sebaiknya lakukan langkah-langkah perbaikan sederhana agar dinding rumah tak mudah rembes. 

"Namun sayangnya melakukan Mencegah rembes tak bisa dengan sekadar menutup langsung dengan waterproofing, karena sifat air akan terus mencari jalan keluar. Ketika dibendung, air akan mencari jalan lain," tambahnya.

Ia menganjurkan untuk mengatasi hal itu, baiknya mencari terlebih dahulu sumber rembesan dinding. "Jika rembes berasal dari retakan dinding, maka harus ditutup dengan mengunakan semen instan atau bahan lain," ujarnya.

Setelah retakan tertutup, maka berikan waterproofing. Lapisan kedap air itu mencegah air merembes.

Agar dinding rumah Anda terhindar dari rembesan di musim hujan, Antony menganjurkan 2 langkah preventif berikut ini: 

Tahap 1 Pelapisan Primer (Super Cement dan Semen)

Pertama, acian yang sudah benar-benar kering dan bersih, dilapisi primer terlebih dahulu. Primer bisa didapatkan dengan mencampurkan Super Cement (cairan polimer berwarna putih susu) dan semen dengan perbandingan 1 banding 1 seperempat. Primer dapat diaplikasikan menggunakan kuas atau rol cat.
 
Primer juga berfungsi untuk menggantikan plamir atau cat dasar lainnya. Masalah umum yang sering terjadi akibat penggunaan plamir adalah efflorescence yaitu terbentuknya garam bersifat alkali yang membentuk kristal pada cat dinding sehingga menyebabkan cat mudah terkelupas. Selain itu, penggunaan plamir dengan daya lekat rendah juga dapat menimbulkan cat mengelupas. 

Keunggulan dapat meningkatkan daya lekat cat ke acian, mengikat debu atau partikel kecil yang masih tertinggal hingga mencegah terjadinya efflorescence.
 
Tahap 2 Pelapisan Aquaproof 

Setelah lapisan primer kering sesuai petunjuk tahap ke-1, lapiskan Aquaproof dengan menggunakan kuas, rol atau alat penyemprot. Tunggu lapisan pertama kering dan lakukan proses pelapisan kedua. 

Bila memungkinkan lakukan pelapisan kedua menyilang dari lapisan pertama. Khusus bagian sambungan direkomendasikan menggunakan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh.