Ternyata Daun Salam Bisa Usir Kecoa, Ini Caranya

Kecoak
Sumber :
  • www.pixabay.com/PublicDomainPictures

VIVA – Selain tikus, kecoa merupakan makhluk lain yang sangat menganggu di rumah. Bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap saja, kecoa juga kerap ditakuti anggota keluarga karena bentuknya yang cukup mengerikan. Ditambah, hewan satu ini bisa terbang yang membuat kita semakin histeris jika melihatnya. 

Tapi tidak hanya itu saja, hewan ini juga menjadi pembawa potensial bakteri ke makanan yang dikonsumsi di rumah dan dapat menyebabkan keracunan makanan yang serius. Kita semua tentu sepakat untuk menghilangkan hewan menjijikan ini dari rumah kita, bukan?

Dilansir dari Boldsky, Rabu 11 Desember 2019, berikut beberapa motode untuk menghilangkan kecoa selamanya. 

Menjaga kebersihan rumah

Rumah harus terbebas dari debu dan kotoran berlebih. Kebersihan rumah adalah faktor terpenting yang harus diingat untuk menyingkirkan kecoa. Meninggalkan makanan di tempat terbuka dan meletakkan wadah kotor di atas meja dalam waktu lama, dapat mengundang kehadiran kecoa. Jadi, hindari hal tersebut.

Pasang umpan dan perangkap

Memasang umpan merupakan salah satu cara yang ampuh, karena kecoa pertama akan makan racun dari umpan kemudian menginfeksi kecoa lain. Gel perangkap untuk kecoa bisa kamu temukan di pasaran dan ini akan memastikan kecoa pergi selamanya. 

Kurangi kelembapan

Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 7 hari, dengan mengurangi kelembapan di rumah dan memperbaiki kebocoran bisa membuat kecoa mati. Rumah harus memiliki ventilasi yang baik, karena sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan memungkinkan segala bentuk air menguap ke udara, yang membuat rumah kering sehingga membuat kecoa tidak memiliki apapun untuk dimakan. 

Gunakan wewangian yang kuat

Lantai harus dipel secara teratur dengan cairan pengharum yang kuat, seperti minyak serai atau fenil obat. Wangi yang kuat akan mengusir kecoa yang datang mencari makanan. Ingat, jangan menggunakan air berlebihan saat mengepel lantai, karena kecoa mampu memakan air. 

Daun salam

Ini merupakan metode paling efektif dan aman, karena daun salam tidak mengandung racun yang dapat memengaruhi hewan peliharaan atau manusia. Bau yang kuat dari daun salam dapat menghentikan kecoa masuk, karena mereka tidak bisa mentolerir bau. 

Kamu bisa menggantung daun salam di pintu masuk atau di area-area yang sekiranya banyak didatangi kecoa, atau keringkan daun salam dan hancurkan, kemudian sebarkan bubuk daun salam tersebut. Cara ini juga dapat mengurangi kecoa secara efektif. 

Jaga suhu ruangan tetap dingin

Menjaga ruangan tetap dingin dapat mengurangi kecoa, karena mereka tidak mudah beradaptasi dengan dingin. Mereka hanya aktif saat cuaca panas, bahkan mereka hanya dapat terbang saat cuaca panas, saat dingin kecoa mungkin tidak aktif.