Tren Warna Hunian 2020 yang Terinspirasi dari Keindahan Langit Pagi

Tren warna hunian 2020, Tranquil Dawn
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Dalam dunia digital yang semakin penuh dengan kesibukan ini, banyak yang merasa perlu untuk mencari makna akan kehidupan. Berangkat dari pemikiran tersebut, para ahli warna berhasil menciptakan Tranquil Dawn, sebuah warna baru yang terinspirasi dari keindahan langit di pagi hari. 

Proses dari pemilihan warna Tranquil Dawn merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli Dulux. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di tahun 2019 orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami kesibukan di keseharian dan dunia digital.

Untuk itu di tahun 2020 ini, melalui warna baru tersebut bertujuan mengajak banyak orang untuk membuat kehidupan yang lebih baik dan bermakna, seperti bercengkrama dengan keluarganya di rumah, serta menemukan rasa nyaman dan tenang di tempat tinggalnya. Tranquil Dawn merupakan cerminan dari aspirasi tersebut, sebuah warna yang dapat mengembalikan manusia pada sisi kemanusiaan 'Human Touch', serta menemukan makna dalam kehidupan. 

"Kami bekerja dengan para profesional desain terkemuka dalam mempelajari dan melalukan riset terkait tren warna terbaru untuk setiap tahunnya. Warna yang dipilih sebagai Dulux Colour of The Year merupakan warna yang didasari oleh penelitian terkait kehidupan sehingga memiliki filosofi yang kuat," ujar President Director, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints lndonesia), Indra Laban di Shangri-La Hotel.

Tahun ini, Dulux Colour of The Year 2020 meluncurkan 'Tranquil Dawn', dengan harapan di tahun yang baru, seseorang dapat merefleksikan diri dan menjadi manusia yang lebih positif. Inspirasi warna ini berasal dari keindahan langit di pagi hari yang menenangkan sekaligus menjadi penyemangat.

"Kami pilih warna dari keindahan langit di pagi hari yang lembut yang mampu memberikan kualitas terbaik dan semangat pada manusia karena momen ini adalah awal di sebuah hari. Warna ini jika diaplikasikan pada ruangan bisa meningkatkan kemampuan diri dan memberi perasaan nyaman," jelas Indra.

Hal senada juga diungkapkan oleh Praktisi Kesehatan Holistik, Reza Gunawan, yang menuturkan bahwa warna dapat menjadi fasilitas yang membantu memperbaiki suasana hati dan pikiran. Adapun warna Tranquil Dawn merupakan paduan dari warna hijau, biru dan abu-abu yang pada dasarnya memang memberi efek menyejukan 

"Warnanya gabungan abu, hijau, dan biru adalah spektrum yang paling meneduhkan dan menyejukan. Kalau tujuannya untuk kembali pada sisi manusiawi kita, ini sangat tepat diaplikasikan di ruangan," kata Reza.