Asap Genset Picu Tewasnya Satu Keluarga di Jakarta, Ini Penyebabnya

Ilustrasi asap
Sumber :

VIVA – Kabar duka datang dari satu keluarga di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Satu keluarga  tersebut ditemukan tewas di rumahnya.

Kematian satu keluarga itu diduga lantaran keracunan asap genset. Genset memang sering digunakan sebagai sumber listrik alternatif ketika listrik padam terutama pada saat badai, hingga hujan deras.

Umumnya genset ditempatkan di area seperti basement, garasi kendaraan atau area sekitar rumah yang mudah dijangkau.

Lalu apa yang membuat genset bisa membahayakan nyawa? Dilansir dari berbagai sumber, bahaya dalam menggunakan generator portabel berasal dari mesin pembakaran bahan bakar. Mesin pembakaran dari genset itu diketahui mengandung karbon monoksida beracun tingkat tinggi.  

Paparan karbon monoksida yang dipancarkan dari knalpot generator bisa berakibat fatal dalam beberapa menit di dalam ruangan atau di ruang tertutup. Bahkan generator yang ditempatkan terlalu dekat dengan rumah bisa berbahaya jika asap knalpot masuk melalui pintu, jendela atau retakan di bagian luar rumah.

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS, selain terpapar melalui asap karbonmonoksida pada saat proses pembakaran di dalam mesin genset, genset portabel juga dapat menyebabkan kematian ketika timbul sengatan listrik saat menghubungkan generator ke sistem kabel listrik rumah.

Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika juga menemukan bahwa manusia jauh lebih mungkin menjadi korban keracunan karbon monoksida yang disebabkan oleh generator portabel. Manusia bertanggung jawab atas hampir tiga dari setiap empat kematian terkait generator.

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Gas karbon monoksida juga sangat mematikan karena sebagian besar korban tidak menyadari mereka terpapar racun karbon monoksida hingga akhirnya terlambat ditangani. Pada tingkat tertentu, paparan karbon monoksida selama lima menit saja bisa berakibat fatal terutama di tempat tertutup.

Untuk menghindari menghirup asap yang mematikan, generator tidak boleh digunakan di dalam ruangan atau di garasi. Gunakan generator hanya di luar area yang berventilasi baik dan kering serta jauh dari udara yang bisa masuk ke rumah. Juga, lindungi generator dari paparan langsung terhadap air.

Komisi Keamanan Produk Konsumen, Amerika bahkan mengharuskan semua generator yang baru diproduksi atau diimpor untuk menyertakan detektor karbon monoksida khusus yang digunakan dengan generator.  

Untuk mencegah tersengat listrik, tancapkan peralatan ke generator portabel hanya dengan menggunakan alat berat, kabel pengenal luar ruangan dan jangan hubungkan generator ke stop kontak di dalam rumah, menurut CPSC. Selain itu, sambungkan generator hanya ke kabel rumah jika perlu dan gunakan jasa tukang listrik berlisensi.