Wanita Berhijab Indonesia Muncul di Komik Jepang

Karakter perempuan berhijab di komik Jepang
Sumber :
  • twitter.com/IwanPalsu

VIVA – Berbeda dengan kebanyakan komik Jepang lainnya, karakter di majalah komik bulanan Kiss edisi terbaru menampilkan karakter Islami seorang wanita berhijab. Bahkan karakter perempuan berhijab itu dari Indonesia.

Kabar soal komik Jepang menghadirkan karakter wanita berhijab kali pertama diketahui dari unggahan akun @IwanPalsu di Twitter. "Muslimah Indonesia tampil di komik Jepang," tulis orang Jepang yang ngefans Iwan Fals itu.

Akun tersebut menjelaskan bahwa karya komik yang diberi judul Hari Itu Dunia Berakhir, mengisahkan seorang siswi berhijab yang bermimpi naik haji sebelum kiamat.

Dalam percakapan karakter dalam komik yang telah diterjemahkan akun tersebut diketahui bahwa meteor raksasa akan jatuh ke bumi.

Salah satu karakter laki-laki bertanya hal apa yang harus dilakukan sebelum berakhirnya dunia, dan siswi berhijab yang tinggal di Indonesia itu pun menjawab, ingin naik haji.   

Di komik itu juga memunculkan ucapan salam yang biasa dilakukan umat Islam. "Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh," kata muslimah berhijab.

Adapun pencipta komik ini adalah dua komikus Jepang, yaitu Tsunami Umino untuk alur cerita dan Shinji Ohara untuk gambar. Sementara pemilik akun mengaku bahwa dirinya baru kali pertama membaca komik Jepang yang menggambarkan siswi berhijab di Indonesia sebagai protagonis dalam karya kedua komikus itu.

Namun yang membuatnya salut adalah keikhlasan Umino dalam berkarya, terutama tentang pengertian agama Islam. Dia menuturkan, dalam blog pribadi Umino menjelaskan bahwa Umino sangat menghargai agama Islam, sehingga untuk menulis cerita komik tersebut, Umino meminta bantuan kepada ahli Islam di Jepang. Hal itu dilakukan supaya dapat menggambarkan ajaran agama Islam yang benar dalam karyanya.

"Saya ingin menulis cerita 'rabukome' (love comedy) tentang Muslim, karena rasanya kurang seru juga rabukome biasa dan katanya kalau di Indonesia komik shoujo (serial cantik) cukup populer. Supaya tidak menggambarkan hal yang kurang tepat dari segi ajaran Islam, saya berkali-kali menulis ulang naskah komiknya dengan bantuan para ahli," tulis dia di blog pribadinya.

Menurut @IwanPalsu, bagi kebanyakan komikus Jepang, tidak mudah untuk mengangkat tema tentang Muslim dalam karyanya. Namun akhir-akhir ini, meski jumlahnya masih sedikit, komikus Jepang mulai berani mengangkat tema mengenai Islam melewati berbagai halangan dalam berkarya.

"Salah satunya adalah Umino-sensei seperti yang diperkenalkan di atas. Salut buat Umino-sensei dan juga Ohara-sensei yang menggambar!" tulis @IwanPalsu.

Salah satu karya komik atau manga Umino yang terkenal berjudul The Full Time Wife Escapist atau Nigehaji dalam bahasa Jepang. Pada tahun 2016 lalu, komik itu dibuat dramanya, yang dibintangi oleh Gen Hoshino dan Yui Aragaki. Drama tersebut mendapat popularitas cukup baik di Jepang. (ase)