Tips agar Tak Jenuh Saat Mudik Terjebak Macet

Suasana saat arus mudik di Pelabuhan Merak mulai padat/Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Mudik ke berbagai kota menjelang hari Raya Idul Fitri menjadi tradisi dan lekat dengan momentum bersilaturahmi dengan anggota keluarga. 

Meski menjadi momen yang ditunggu-tunggu, namun ketika mudik rasa bosan rentan menyergap. Apalagi bagi pengguna moda transportasi darat, mudik selalu identik dengan kemacetan

Dilansir dari rough guide, sebelum 'mati gaya' berikut ini 6 tips anti bosan yang bisa Anda coba agar tidak bosan selama mudik.

1. Membawa beberapa jenis lagu atau dvd favorit

Terjebak macet, dan bosan lama duduk di kursi penumpang? Anda bisa mensiasatinya membawa beragam jenis musik atau film favorit Anda. Anda bisa bernyanyi bersama untuk menghilangkan bosan dan penat. Atau bisa menyaksikan beragam jenis film favorit bersama dengan rombongan. 

2. Menyinggahi beberapa destinasi di jalur mudik

Ada beberapa alternatif pilihan wisata yang bisa disinggahi untuk melepas penat atau lelah akibat terjebak macet. Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mempromosikan beberapa wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan terutama  bagi mereka yang menggunakan jalur nasional lintas Pantai Selatan Jawa atau Pansela.

Untuk lokasi wisata jalur Pansela Banten dan Jawa Barat saja, setidaknya terdapat 16 lokasi wisata, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Geopark, Pantai Arafa, Jembatan Cilaki, Puncak Guha, Pantai Karangtawulan, hingga Pantai Batu Hiu.

Adapun untuk Pansela Jawa Tengah, lokasi wisata yang dapat dijumpai di antaranya, Pantai Teluk Penyu, Pantai Nusakambangan, Pantai Bopong, Pantai Jetis, Pantai Nampu, hingga Waduk Gajahmungkur.

Sedangkan untuk Pansela Jawa Timur, setidaknya terdapat 36 lokasi wisata yang dapat dijumpai, dimulai dari Pantai Congot, Pantai Gesing, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Nglambor, Pantai Wediombo, hingga Pantai Sadeng.

3. Menyulap bagian belakang mobil menjadi kamar

Anda bisa menyulap kursi belakang mobil menjadi ‘kamar. Lengkapi dengan bantal, boneka kesayangan, tambahkan mainan favorit yang bisa ditempel, dan permainan lain yang mudah dibawa bepergian (jika Anda mudik bersama dengan anak). Anda bisa setidaknya istirahat sejenak melepas lelah dan penat setelah lama terjebak macet. 

4. Ciptakan suasana menyenangkan

Untuk menghindari kebosanan, Anda bisa menciptakan beragam jenis kegiatan menarik seperti menciptakan permainan seperti bermain teka-teki, bercerita tentang pengalaman atau kejadian lucu hingga membaca cerita-cerita menarik dari berbagai media. 

5. Mengabadikan berbagai momen menarik

Selama perjalanan mudik tentu Anda akan menemukan beragam kejadian menarik. Anda bisa memanfaatkan ponsel Anda untuk merekam dan membagikannya ke akun sosial mediamu. 

Tidak hanya itu saja, selama perjalanan tersebut tentu Anda akan menemukan banyak tempat yang menarik untuk diabadikan dan diunggah di akun media sosialmu, jangan lupa sertakan caption yang menarik. 

6. Bawa beberapa permainan untuk menghilangkan kebosanan

Jika Anda melakukan perjalanan yang panjang, dan membawa anak kecil tidak menutup kemungkinan mereka akan bosan. Untuk itu, berikan mereka koleksi mainan setiap satu jam sekali.

Teka-teki genggam, buku mewarnai kecil, stiker, hingga menyusun kata bisa Anda bawa untuk dihabiskan selama penerbangan panjang atau perjalanan darat menggunakan mobil, bus atau kereta api.