Panjang Jari Tangan Bisa Ungkap Ketidaksetiaan Wanita

Ilustrasi jari tangan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Panjang jari tangan wanita ternyata bisa mengungkap ketidaksetiaannya terhadap pasangan, baik suami atau pacarnya. Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan peneliti di Oxford University.

Penelitian terbaru tersebut mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki tangan kiri dengan jari telunjuk yang lebih panjang dari jari manis tampak lebih menarik bagi pria. Mereka dengan jari tersebut memiliki peluang lebih besar melakukan perselingkuhan.

Jari telunjuk lebih panjang dari jari manis dikaitkan dengan level hormon seks wanita yang lebih tinggi di dalam rahim. Memiliki lebih banyak hormon estrogen atau hormon seks wanita di dalam rahim membuat jari telunjuk tumbuh lebih panjang dari jari manis. Sebaliknya, yang memiliki hormon testosteron atau hormon seks pria akan memiliki efek lebih maskulin, sehingga jari manisnya lebih panjang dari jari telunjuk.

Dikutip dari Daily Mail, hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan Eiluned Pearce dari Oxford University. Penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Royal Society Journal. Dia melakukan penelitian terhadap 274 relawan wanita.

Pearce juga mengambil sampel DNA dan para relawan melakukan tes psikologis mengenai kualitas hubungan dengan pasangannya. Dari hasil penelitiannya, dia menemukan bahwa wanita dengan rasio digit tangan kiri lebih tinggi, lebih impulsif dan menganggap hubungan romantis mereka kurang menguntungkan.

Dalam makalah penelitiannya juga disebutkan bahwa wanita dengan jari telunjuk lebih panjang dari jari manis cenderung lebih feminin. Selain itu, mereka juga terlihat lebih menarik bagi kaum pria.

"Karena mereka tahu memiliki banyak pilihan pasangan dan ketidakpuasan dengan pasangannya bisa menyebabkan wanita lebih impulsif dan oportunis terhadap pria yang bukan suami atau pasangannya," ujar Pearce.

Selain meneliti jari wanita, dia juga melihat rasio panjang jari telunjuk dengan jari manis pada pria. Namun mereka tidak menemukan adanya keterkaitan apapun dengan kualitas hubungan.