4 Pernikahan Supermewah 2018, Biaya Miliaran hingga Triliunan Rupiah

Foto pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle
Sumber :
  • Instagram @kensingtonroyal

VIVA – Setiap orang pasti punya pernikahan impian. Misalnya, mengenakan gaun gemerlap atau pesta yang supermewah di ballroom hotel berbintang.

Beruntung bagi lima pasangan ini yang bisa mendapatkan pernikahan mewah seperti di negeri dongeng. Berikut ini lima pernikahan supermewah sepanjang 2018 yang dirangkum oleh VIVA.

1. Pernikahan Crazy Rich Surabayan

Dari akun Instagram @jusupclarissawed, terungkap jika pesta pernikahan yang digelar di The Mulia Resort, Nusa Dua Bali, itu awalnya dikabarkan memberikan doorprize berupa iPhone XS. Tak hanya dekorasi dan hadiah yang mahal, pesta pernikahan ini juga menghidangkan menu-menu mewah dari lima benua. Begitupun dengan foto prewedding Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa Wang yang dibuat di lima benua.

Sempat beredar kabar jika pernikahan heboh ini akan memberikan doorprize berupa mobil Jaguar. Namun hal itu dibantah oleh ayah Jusup, Rendra Tjahjadi. Rumor mengenai jumlah undangan yang mencapai 5.000 itu juga dibantah Rendra dan mengaku jika hanya mengundang 450 tamu.

Ia juga mengungkap bahwa biaya pernikahan putranya hanya Rp10 miliar. Adapun salah satu pengisi acaranya adalah Michael Learns To Rock (MLTR) Dalam sebuah konferensi pers, Rendra mengatakan jika mereka menolak hadiah pernikahan dan memilih menyumbang korban gempa dan tsunami di Palu dan Lombok sebesar Rp1,2 miliar.

2. Pernikahan putri orang terkaya India

Di India, pernikahan termewah mungkin dipegang oleh Isha Ambani, putri Mukesh Ambani yang kekayaannya mencapai Rp683 triliun. Pesta pernikahan Isha dan Anand Pirawal berlangsung hingga lima hari dengan deretan tamu orang-orang penting, seperti Hillary Clinton, pendiri The Huffington Post Ariana Huffington, pemain kriket Sachin Tendulkan dan pebisnis Laksmi Mittal.

Penyanyi seksi Beyonce menjadi pengisi acara di pesta tersebut. Menurut laporan media setempat, para tamu dari luar negeri diterbangkan dengan pesawat sewaan yang berjumlah 100 unit dan biayanya diperkirakan mencapai Rp1,5 triliun.

3. Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pernikahan putra bungsu Pangeran Charles dan Putri Diana ini menjadi yang paling mencuri perhatian masyarakat dunia. Berbagai kabar dan isu menyelimuti proses pernikahan pasangan kontroversial ini yang menjadi pemberitaan di berbagai media. Tak sedikit pula yang membandingkan pernikahan Harry-Meghan dengan pernikahan William-Kate.

Dibanding pernikahan sang kakak yang mengundang 1.900, pernikahan Harry dan Meghan hanya dihadiri 600. Namun, gaun pengantin Meghan ditaksir memiliki harga yang lebih mahal dibanding Kate, yaitu sekitar Rp5,7-Rp7,7 miliar, sementara Kate hanya Rp4,8 miliar. Selain itu, kue pengantin Harry-Meghan diklaim dibuat selama lima hari oleh enam pembuat kue. Anggaran pesta itu diperkirakan sebesar Rp618 miliar.

4. Pernikahan anak pengusaha batu bara di Kalimantan Selatan

Pernikahan anak orang kaya di Indonesia ini tak kalah menghebohkan. Pesta pernikahan H Muhammad Prayudha, putra H Muhammad Hatta dan Haji Ciut, dengan Hj Nur Zakiroh dilangsungkan selama 10 hari berturut-turut. Yang tak kalah menghebohkan, sederet artis-artis ternama diundang untuk mengisi acara pernikahan tersebut, seperti Afgan, Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, Via Vallen, Rita Sugiarto hingga Rhoma Irama.

Kabarnya, para artis pengisi acara dibayar dengan harga fantastis mulai dari Rp250 juta hingga Rp500 juta. Demi kelancaran acara, pesta yang digelar di Jl Binuang itu sampai menutup total akses jalan. (ase)