Kisah Pasangan Lansia Keliling Dunia dari Jualan Teh

Pasangan Vihjan dan Mohana
Sumber :
  • Invisible Wings

VIVA – Salah satu dalih orang-orang untuk tidak bepergian adalah tidak ada biaya. Tapi, alasan ini tidak berlaku lagi.

Lihat saja pasangan lanjut usia (lansia) asal India, Vihjan dan Mohana yang hampir berusia 70 tahun. Mereka sudah bepergian keliling dunia meski hanya mampu menabung sekitar Rp59.500 setiap hari untuk perjalanan mereka.

Dilansir dari laman Metro, pasangan itu memiliki warung teh kecil di Kochi, sebuah kota pelabuhan di India dan mereka mendedikasikan hidupnya untuk mengunjungi sebanyak mungkin negara di dunia. Sejauh ini, mereka sudah berkunjung ke beberapa negara, di antaranya Singapura, Swiss, Brazil, Argentina dan New York di Amerika Serikat.

Bagaimana mereka bisa bepergian dengan anggaran minim tersebut?

Dalam sebuah video di Twitter yang dibagikan oleh pemimpin Mahindra Group, Anand Mahindra, cerita pasangan itu kini menjadi viral.

Sekitar 56 tahun lalu, Vihjan mulai membuka bisnis menjual teh, dan sekarang pasangan itu sudah memiliki 300-350 pelanggan yang mengunjungi tokonya, Sree Baji Coffee House setiap hari. Mereka mengumpulkan uang dan mengajukan pinjaman bank yang mereka lunasi setiap tiga tahun.

Lalu, mereka bepergian ke negara pilihan mereka, dan ketika mereka kembali, mereka mengulang lagi proses yang sama. Vihjan dan Mohana yang sudah menikah selama 45 tahun ini akan merencanakan dengan hati-hati bagaimana mereka menghabiskan uang yang sulit didapat itu selama perjalanan.

Mereka menggunakan uang sangat sedikit ketika tidak traveling. Bahkan, mereka juga tidak memperkerjakan karyawan yang bisa menambah pengeluaran.

Sejauh ini, video tentang kisah mereka sudah di-retweet lebih dari 11 ribu kali. Banyak yang berkomentar bagaimana mereka begitu menginspirasi. Tak sedikit pula yang menanyakan lokasi toko teh mereka supaya bisa mencicipi tehnya.

Di dalam video, Vihjan ditanya mengenai pelajaran apa yang ia dapatkan dari perjalanannya ke berbagai negara. Ia menjawab, "Ini akan mengubah pikiran dan budaya Anda."

Agenda traveling mereka selanjutnya adalah Skandinavia, Swedia, Denmark dan Norwegia. Selain itu, Greenland dan Belanda.

Ini bukanlah video pertama yang memperlihatkan kisah Vihjan dan Mohana. Sebuah dokumenter pasangan itu juga pernah dibuat oleh sutradara Hari M. Mohanan. Film itu ditampilkan di Filmfare Awards di tahun 2018 dan menerima penghargaan sebagai Film Terbaik dalam kategori nonfiksi.

Kalau Anda bermimpi punya petualangan sendiri, jangan jadikan uang sebagai penghalang. Tirulah Vihjan dan Mohana, bukti nyata bahwa apa pun mungkin dicapai jika Anda berusaha cukup keras. (tsy)