Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 3 April 2019 | 11:25 WIB

Tren Crowdfunding, Fintech Ini Ajak Milenial Berdonasi

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi donasi online.

VIVA – Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini memberi dampak positif bagi masyarakat. Menjamurnya perusahaan Fintech alias financial technology menjadi perkembangan tersendiri di bidang keuangan. 

Melalui inovasi teknologi di bidang keuangan itu, saat ini siapa saja dapat mengajukan pinjaman. Hal yang dahulu terasa sangat sulit, kini menjadi begitu mudah. Dengan perkembangan industri fintech ini banyak masyarakat yang memanfaatkan, terutama bagi mereka yang selama ini tak tersentuh oleh pinjaman bank atau mereka yang dahulu punya catatan kredit buruk.

Baca Juga

Salah satu pelayanan yang dilakukan adalah Crowdfunding atau bisa disebut donasi online. Belakangan crowdfunding dilakukan oleh berbagai generasi, salah satunya milenial. Ya, meskipun terkenal dengan sikap sosialnya yang kurang, sebuah riset menyebut generasi ini justru senang memberikan sumbangan. 

Situs Jakpat menyebut bahwa 11,76 persen milenial mempercayai situs atau media sosial untuk menggalang dana. Selain itu, dari mereka yang percaya terhadap penggalangan dana online ini, 60,88 persen pernah berpartisipasi memberikan donasi melalui situs atau akun media sosial. 

Terpopuler

Salah satu fintech, Cashwagon juga mulai menyalurkan bantuannya. Tak hanya fokus pada pendanaan, fintech yang mengoperasikan platform P2P online ini juga peduli literasi keunagan dan pendidikan.

"Tujuan kami adalah untuk mendorong literasi keuangan dan pendidikan melalui layanan kami, yang merupakan sebagian alasan mengapa kami sumbangkan buku-buku ke panti asuhan Yos Sudarso," kata Asri Anjarsari, CEO PT. Kas Wagon Indonesia.

Lebih lanjut ia berujar, bahwa setiap bisnis bertujuan untuk pertumbuhan, tetapi Cashwagon juga tertarik untuk melakukan lebih banyak untuk komunitas yang dilayaninya. Perusahaan percaya bahwa setiap orang harus memiliki akses yang sama ke layanan keuangan dan pendidikan sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan situasi dan kesejahteraan mereka. 

"Karenanya kami memberikan bantuan kepada rumah yatim piatu Yos Sudarso di Cilandak, Jakarta Selatan. Tak hanya uang, ada juga pakaian berkualitas baik, makanan, alat tulis dan buku ke panti asuhan."

Tak hanya itu, fintech ini juga kerap menginspirasi karyawannya yang umumnya kalangan milenial untuk berdonasi.

“Kami tidak mendorong mereka untuk mengambil bagian, itu hanya sesuatu yang mereka rasa perlu mereka lakukan. Sangat menyenangkan melihat bahwa karyawan kami memiliki komitmen untuk membantu anak-anak seperti halnya kami sebagai sebuah perusahaan," kata Asri.

Menurut dia, hal itu juga dapat membantu mereka lebih kompak sebagai tim. “Memberi sebagai sebuah kelompok telah membawa tim kami lebih dekat bersama dan membantu mereka bekerja lebih kompak sebagai sebuah tim." (mus)

Topik Terkait
Saksikan Juga
OJK Temukan Lebih dari 1000 Fintech Ilegal
TVONE NEWS - 2 bulan lalu