Nenek 98 Tahun Jalan 3 Km Demi Bayar Utang 50 Tahun Lalu

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seorang wanita tua berumur 98 tahun di Zhejiang, China berjalan kaki 3 kilometer (km) dalam kondisi hujan untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya dari tukang kayu 50 tahun lalu.

Nenek tua itu bernama Sun Xingbao. Setengah abad lalu, dia meminta Zhang Falin untuk membuatkan sejumlah perabotan rumah tangga untuk anaknya yang menikah saat itu.

Dikutip dari AsiaOne, karena kehidupan Sun yang miskin kala itu, dia tak bisa melunasi pembayaran. Sun berutang kepada Zhang sebesar 10 yuan (sekitar Rp21 ribu dengan kurs saat ini).

Setelah Sun mengingat utangnya tersebut pada bulan lalu, ditambah perasaan tidak enak, akhirnya dia mengambil uang dari tabungannya dan menuju ke tempat Zhang. Sun bersikeras mengembalikan utangnya berkali-kali lipat kepada Zhang atau mencapai Rp3,2 juta.

Alasannya karena biaya pengerjaan meningkat seiring waktu. Lagipula, menurut Sun, setelah puluhan tahun, utangnya kepada Zhang tak pantas jika dibayar sesuai dengan nominal saat itu.

Zhang, yang awalnya menolak untuk menerima uang tersebut, akhirnya menyerah. Namun dia mengambil uang tersebut sekitar Rp2,5 juta dan sisanya dikembalikan kepada Sun.(nsa)