Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jumat, 26 April 2019 | 13:00 WIB

Empat Remaja Putri yang Menginspirasi Dunia

Foto :
  • bbc
Greta Thunberg, Emma Gonzalez, dan Malala Yousafzai, tiga aktivis muda yang dianggap membantu melakukan perubahan besar. - Getty Images

Generasi baru aktivis muda menjadi bukti bahwa banyak remaja yang peduli dengan isu-isu sosial, politik, dan lingkungan.

Tidak hanya peduli, mereka juga mengambil langkah nyata untuk melakukan perubahan dan tidak berlebihan jika mereka dianggap sebagai remaja yang menginspirasi dunia.

Baca Juga

Berikut empat remaja putri yang dinilai layak menyandang predikat tersebut.

Greta Thunberg

Aktivis muda yang lahir di Swedia pada 2003 ini dikenal lantang bersuara, mengajak orang-orang untuk peduli dengan perubahan iklim.

Pada 2018 ia melahirkan gerakan mogok sekolah setelah ia menggelar aksi protes sendirian di tangga di kompleks gedung parlemen Swedia di Stockholm pada bulan Agustus.


Greta Thunberg (kanan) saat menggelar pertemuan membahas perubahan iklim bersama sejumlah anggota parlemen Inggris. - Getty Images

Sejak itu, lebih dari satu juta siswa bergabung ke gerakan yang ia pimpin, dengan cara meninggalkan ruang-ruang kelas untuk berunjuk rasa, meminta semua pihak untuk mengambil langkah nyata mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

"Para pemimpin kita bertindak seperti bocah. Karenanya, kita harus mengambil tanggung jawab, yang mestinya menjadi pekerjaan mereka," kata Thunberg dalam pertemuan puncak perubahan iklim yang digelar PBB pada 2018.

"Kita harus menyadari apa yang telah dilakukan oleh generasi terdahulu dan dampak buruk yang mereka timpakan ke kita. Mereka mewariskan kekotoran dan kita yang harus membersihkannya. Suara kita ini harus mereka dengarkan," kata Thunberg.

Ia beberapa hari lalu bergabung dengan aktivis lingkungan yang menggelar aksi dengan menutup titik-titik penting di pusat kota London. Ia juga menyampaikan pidato di depan para anggota parlemen Inggris.

Malala Yousafzai

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Reporter Terpeleset di Kolam Renang
TVONE NEWS - lewat 2 tahun lalu
Terpopuler