Mengapa Bayi Pangeran Harry-Meghan Markle Tak Diberi Gelar Bangsawan?

Pangeran Harry, Meghan Markle dan anak pertama mereka.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, memutuskan untuk tidak menggunakan gelar kebangsawanan untuk bayi mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Sebagai anak Pangeran Harry, yang memakai gelar resmi Duke of Sussex, Archie berhak dipanggil dengan gelar Earl of Dumbarton.

Gelar lain yang bisa ia pakai adalah Lord Archie Mountbatten-Windsor.

Namun kantor berita Inggris PA dan sejumlah media memberitakan bahwa meski punya hak untuk memakai gelar Earl of Dumbarton, Pangeran Harry dan Markle memilih untuk saat ini tidak menyematkan gelar tersebut ke putra mereka yang lahir pada Senin (06/05).

Di silsilah keluarga kerajaan Inggris, Archie menempati urutan ketujuh ahli waris tahta kerajaan.

Untuk kepentingan korespondensi, nama resmi yang dipakai adalah Master Archie Mountbatten-Windsor.

Harry bisa mengubah keputusan dan mengizinkan Archie memakai gelar pangeran jika ayah Harry, Pangeran Charles, dinobatkan sebagai raja Inggris.

Archie juga berhak untuk meneruskan penggunaan gelar Duke of Sussex yang saat ini dipakai Harry.

Ratu Elizabeth dilaporkan menerima keputusan Harry untuk tidak menggunakan gelar kebangsawanan untuk Archie.

Keputusan untuk tidak memakai gelar kebangsawanan diartikan sebagai upaya dari Pangeran Harry dan istrinya agar Archie bisa tumbuh senormal mungkin.

Adik Pangeran William ini berkediaman resmi di kompleks Istana Kensington di London, Nottingham Cottage, namun ia sekarang menggunakan Frogmore Cottage di Windsor sebagai rumah untuk membesarkan Archie.


Archie untuk sementara ini tidak akan memakai gelar Earl of Dumbarton atau Lord Archie Mountbatten-Windsor. - EPA

Diyakini ini juga bagian dari keinginan Harry dan Markle agar Archie tidak menjadi pusat perhatian publik.

Dalam beberapa wawancara Harry mengungkapkan tidak mudah tumbuh dan menjalani aktivitas dengan gelar pangeran.

Pada 2015 misalnya ia mengatakan "hampir saja menanggalkan gelar pangeran" tapi kemudian ia mengakui bahwa gelar tersebut juga bisa dipakai untuk hal-hal kebaikan, misalnya untuk mendukung aktivitas sosialnya.

Ia mengatakan sangat senang saat berkarier di militer ia cukup dipanggil "Harry" atau Kapten Wales saja. "Ini seperti pelarian terbaik saya," katanya.

Harry bukan orang pertama di keluarga kerajaan Inggris yang memutuskan untuk tidak menggunakan gelar kebangsawanan resmi.

Bibinya, Putri Anne, hanya menamai anak-anak mereka Peter Phillips dan Zara Phillips.

"Saya merasa sangat beruntung ... orang tua saya tidak menyematkan gelar kebangsawanan pada nama saya sehingga saya bisa tumbuh dan hidup sedikit lebih normal," kata Zara Phillips.

Zara Phillips dikenal sebagai atlet berkuda. Sama seperti Pangeran Harry dan Pangeran William, ia juga menikahi warga biasa.