Serunya Kerja di Marina Bay Sands, Ada Tradisi Bukber Juga, Lho

Marina Bay Sands
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Sejak selesai dibangun tahun 2010, Marina Bay Sands sudah menjadi ikon lain dari Singapura. Sebagai pusat hiburan yang lengkap, Marina Bay Sands rasanya tak pernah tidur bahkan di malam hari dengan lebih dari 2.000 kamar hotel, mal, museum, teater, restoran mewah, klub malam ternama, kasino.

Kesibukan dalam sehari itu tentu hanya akan berjalan lancar jika karyawan mereka mendapatkan fasilitas yang baik. Hampir sangat jarang terbuka untuk umum, dan hanya sedikit media mengintip dapur Marina Bay Sands (MBS) beberapa tahun lalu, dan kini VIVA beruntung mendapat kesempatan untuk mengintip bagaimana semua itu bisa bekerja dengan begitu hebat dan mengagumkan.

Berbeda dengan kantor pada umumnya, pusat kerja karyawan justru ada di lantai bawah, di mana terdapat ruang HRD dan juga pabrik seragam. Ya, Anda tak salah dengar, di sini memang ada pabrik seragam.

Satu hal unik saat melihatnya dibuat takjub. Ketika pertama masuk, terdapat beberapa pintu besi tertutup, namun beberapa karyawan terlihat berdiri di depannya seolah menunggu sesuatu. Dan ternyata, mereka tengah memasukkan identitas diri dan menunggu mesin menemukan seragam kerja mereka dari ribuan seragam yang tergantung di dalamnya.

Saat proses selesai, pintu akan terbuka dan seragam kerja bisa diambil. Tak perlu takut tertukar seragam, karena setiap seragam memiliki nama masing-masing, dipasang sebuah chip. Bahkan jika karyawan tak berdiri di pintu yang tepat, pintu tak akan terbuka meski memiliki akses berupa ID Card.

"Setiap seragam memiliki chip (informasi tentang karyawan). Dan total ada sekitar 170 ribu pieces di sini (seragam) dan 600 jenis seragam. Untuk bagian dapur biasanya lima, bagian lain tiga sampai empat seragam," kata seorang karyawan di sela-sela tur Marina Bay Sands di Singapura.

Beranjak ke sisi lainnya, ada semacam kafetaria atau ruang makan bagi karyawan. Tempat ini buka 24 jam, di mana karyawan bisa bebas memilih aneka minuman dan makanan yang tersedia secara cuma-cuma alias gratis. Bagi karyawan Muslim, mereka bisa mendapat makanan yang telah tersertifikasi halal di sini.

Semua piring dan gelas berwarna hijau dikhususkan bagi karyawan Muslim, jajaran makanan halal juga diolah dan berasal dari dapur dan chef yang berbeda dengan hidangan Barat atau Asia lainnya yang tersaji secara prasmanan.

Soal minuman? Ada berbagai jenis, dari minuman bersoda, teh, kopi, jus dan minuman segar lainnya bisa diambil oleh karyawan kapanpun. Selama bulan Ramadan juga tak perlu bingung mencari makanan sahur karena selama Ramadan, karyawan juga bisa mendapatkan hidangan santap sahur dan berbuka puasa.

Setiap hari menu yang disajikan juga selalu berbeda, lengkap dari hidangan pembuka sampai penutup. Jadi dijamin tak akan bosan makan di sini.

Hal lain yang menarik di saat bulan Ramadan, ada satu hari spesial di mana MBS memiliki tradisi untuk berbuka bersama atau iftar dengan seluruh karyawan dari semua tingkatan. Jadi tak peduli jabatan atau posisi, mereka semua makan dengan makanan yang sama dan duduk di ruangan yang sama.

Dan satu kebiasaan di sini, mereka mengutamakan teman yang berpuasa untuk mengambil makanan terlebih dahulu. Bahkan meski di acara prasmanan.

Wah, kalau begini jadi terinspirasi untuk bekerja di sana enggak sih dengan segala kemudahan dan kenyamanan yang diberikan pada karyawannya?