Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 13 Juni 2019 | 06:30 WIB

Kisah Heroik Robert Downey Jr Jadi Superhero di Dunia Nyata

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Adinda Permatasari
Foto :
  • Marvel Studios
Robert Downey Jr.

VIVA – Aktor Robert Downey Jr. bisa saja memerankan tokoh superhero di dalam film. Tapi, siapa menyangka ia juga bisa menjelma menjadi pahlawan di dunia nyata.

Kisah ini dialami oleh seseorang yang mendapatkan pertolongan dari pemeran Iron Man tersebut. Kisah itu terjadi pada awal tahun 1990-an, saat Robert bahkan belum memerankan tokoh superhero Marvel yang melejitkan namanya.

Baca Juga

Dikutip dari laman Reader's Digest, peristiwa tersebut terjadi di sebuah pesta kebun di ACLU di California Selatan, Amerika Serikat. Kala itu, orang yang mendapatkan pertolongan dari Robert tengah menemani neneknya ke acara tersebut. Ibu tirinya kebetulan adalah seorang direktur eksekutif dari organisasi itu.

Neneknya berusia 80 tahun, meski begitu ia masih tampak cantik. Ia menunjuk Robert yang saat itu datang berdampingan dengan aktris Sarah Jessica Parker. Namun, karena neneknya tak begitu akrab dengan wajah selebriti muda, ia lebih memilih mengambil makanan.

Terpopuler

Penerima penghormatan dalam acara tersebut adalah Ron Kovic, di mana saat masa pengabdiannya di Perang Vietnam membuatnya berada di kursi roda. Kisahnya pun diabadikan dalam film Oliver Stone, Born on the Fourth of July. Kursi roda inilah yang menjadi kunci dari insiden hari itu.

Setelah pidato ditutup, para tamu di kursi barisan depan, termasuk si nenek, berdiri untuk kemudian berjalan keluar. Namun, saat sang nenek bangkit, ia terjatuh dan menghantam jalan landai tempat kursi roda Ron melintas ke panggung. Tak disangka, jalur itu memiliki sisi yang tajam sehingga membuat bagian kaki di bawah lututnya robek. Darah pun mengalir deras.

Di antara kepanikan itu, muncul satu sosok yang dengan sigap menolong. Dialah Robert Downey Jr. Dia meminta seseorang menelepon ambulans, dan orang lainnya membawa segelas air, dan lainnya membawakan selimut. Dia membuka jaket linen bagusnya, menggulung lengan bajunya lalu meraih kaki si nenek.

Dia lalu mengambil jaketnya dan mengikatkannya di sekitar luka. Jaket indah itu pun berlumuran darah. Robert mengatakan kepada si nenek supaya jangan khawatir dan semuanya akan baik-baik saja. Dia kelihatan mengetahui bagaimana secara naluri berbicara padanya, mengalihkan perhatiannya.

Dia memegang betis si nenek dan mengatakan betapa indah kakinya. Lalu, si nenek berkata, "Cucu saya mengatakan kalau kau adalah aktor terkenal, tapi saya tidak pernah mendengar tentang Anda."

Robert mendampingi si nenek hingga ambulans datang dan berjalan di sebelah tandu sambil menggenggam tangannya. Ia mengatakan, ia sedih si nenek harus meninggalkan pesta lebih awal di saat mereka saling mengenal satu sama lain. Dia melambaikan tangan lalu mengatakan, "Jangan lupa meneleponku, Silvia. Kita makan siang bersama."

Namun sang cucu yang terburu-buru naik ambulans tak sempat mengucapkan terima kasih. Sekitar 15 tahun berlalu sejak peristiwa pesta kebun itu, dan 10 tahun sejak nenek meninggal, cucu si nenek melihat kembali Robert Downey Jr di sebuah restoran. Dengan memberanikan diri ia pun menghampiri Robert.

"Saya tidak tahu apakah Anda masih mengingat ini," katanya, lalu menceritakan kisah tersebut.

Ternyata Robert masih ingat kejadian tersebut.

"Saya hanya ingin berterima kasih dan mengatakan kepada Anda itu adalah tindakan paling baik yang pernah saya lihat," lanjutnya.

Robert berdiri dan menggenggam kedua tangannya, lalu menatap matanya. "Kamu benar-benar tidak tahu betapa saya butuh mendengar hal itu hari ini," ujar pria 54 tahun tersebut.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kisah Pembuat Gerabah Berusia 108 Tahun
APA KABAR INDONESIA - lewat 2 tahun lalu