Lewat Arisan, Pasangan Ini Bisa Bedah Rumah jadi Lebih Indah

Abdul Rahman
Sumber :
  • VIVA/ Adinda Permatasari

VIVA – Enam bulan lalu, wajah Abdul Rahman mungkin tidak seceria sekarang. Bagaimana tidak, saat itu ia sedang dilanda kegelisahan karena modal untuk menikahi kekasih pujaan belum terkumpul juga. Hingga muncullah gagasan untuk mengikuti arisan.

Tak disangka, dari sekadar ingin mendapat uang untuk biaya menikah dan memberikan seserahan berupa satu set tempat tidur, Abdul justru ketiban rezeki tak terduga secara bertubi-tubi.

"Waktu itu di pikiran saya cuma ada dua, menang duluan atau nikah duluan. Saya cuma bisa berdoa saja, tapi akhirnya arisan uang dapat, arisan barang dapat," kata Abdul saat ditemui VIVA di rumahnya di Sindangrasa, Bogor, belum lama ini.

Tak seperti kebanyakan pemuda, Abdul kala itu mantap memilih arisan untuk mendapatkan biaya menikah. Menurutnya, ada satu nilai dalam arisan yang membuatnya berbeda dengan kredit. Sistem gotong royong, bagi Abdul, menjadi nilai lebih arisan yang memberi banyak pertolongan untuk kalangan masyarakat seperti dia.

Awalnya, Abdul memilih arisan uang dengan harapan bisa mendapat modal Rp20 juta untuk pernikahannya. Kemudian, salah seorang teman SMA-nya mengajak arisan barang melalui program Arisan Mapan. Di situlah Abdul memilih satu set bedroom sebagai hadiah untuk calon istrinya, Nur.

Namun, menjelang pernikahan Abdul dibuat cemas karena namanya tak juga keluar di setiap kocokan arisan. Hal ini pun sempat memicu keributan kecil dengan calon istrinya. Abdul pun hanya bisa pasrah dan berdoa.

Beruntung, tepat dua minggu menjelang hari pernikahannya, nama Abdul keluar sebagai penerima arisan. Satu set bedroom berhasil dibawanya pulang. Tak hanya arisan barang, arisan uang yang diikutinya pun juga sudah ditangan. Pernikahan yang terancam berantakan pun akhirnya bisa berjalan lancar.

Kisah Abdul yang harap-harap cemas menanti arisan menjelang pernikahan, kemudian dikirim oleh temannya Siti Nurpah. Dialah si ketua arisan yang mengajak Abdul ikut arisan barang.

Lagi-lagi, keberuntungan berpihak pada Abdul. Selang empat bulan pernikahannya, nama Abdul keluar sebagai pemenang cerita inspiratif progran Bikin Isi Rumah Impian Arisan Mapan.

Sebagai hadiah, seluruh isi rumah Abdul dibedah total. Mulai dari teras hingga dapur.

"Dari televisi, kulkas, dua ranjang, empat kasur, dua lemari, rak piring, sofa, sampai meja kursi di teras. Hampir semua barang di rumah diganti yang baru," ujar Abdul.

Arisan tak hanya memberi Abdul banyak rezeki tapi juga pelajaran. Bagi Abdul yang bekerja sebagai security, arisan bisa membantunya dari sisi ekonomi. Ia juga bisa belajar bertanggung jawab lewat setoran yang harus dibayarkan setiap bulan.(nsa)