Tips Hemat Memasak untuk IRT Supaya Uang Tak Habis Percuma

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Masak di rumah lebih hemat? Kalau penataan belanja bahan dan makanan yang ada tak bersisa, memang jadi lebih hemat dibanding makan di luar.

Tapi, bagaimana jika sumber kebocoran anggaran rumah tangga ternyata berasal dari bumbu yang terbuang atau makanan yang terlalu banyak dan akhirnya hanya membuang uang?

Tentu, kondisi keuangan akan tetap berantakan, bukan? Hemat dimulai dari dapur akan memberikan banyak manfaat untuk menstabilkan kondisi keuangan. Dikutip dari Buku Saku Ibu Bijak, berikut beberapa tips agar uang tak habis sia-sia dimulai dari dapur dan meja makan.

Biasakan keluarga makan di rumah

Biasakan agar anak makan di rumah dan membawa bekal masakan Anda untuk menghemat. Selain lebih murah, makanan yang dikonsumsi anak juga lebih sehat.

Masak sesuai porsi

Lihat siapa saja yang akan makan di rumah hari ini. Tak harus selalu masak dalam jumlah besar ketika di rumah. Sesuaikan dengan jumlah orang agar tak membuang sisa makanan.

Masak makanan yang tak mudah basi

Jika masak dalam jumlah besar, pilihlah makanan yang tak harus langsung habis dalam satu kali makan.

Belanja sesuai list

Biasakan membuat daftar (list) belanja bulanan, terutama untuk bumbu dapur agar tak banyak bahan terbuang percuma.

Belanja bulanan dalam jumlah besar

Beberapa bahan dapur ada yang awet sampai beberapa minggu atau bahkan bulan. Untuk bahan-bahan seperti ini, langsung beli dalam jumlah besar demi kebutuhan satu bulan. Dengan demikian, pengeluaran akan lebih terkontrol.

Tetapkan anggaran harian

Tentukan jumlah uang belanja sayur dan lauk dalam satu hari dan usahakan tidak melebihi anggaran.

Cek promo toko

Setiap bulan, supermarket besar sudah punya jadwal promo. Belanjalah sesuai dengan tanggal promo untuk mendapatkan diskon lebih dan menghemat uang belanja bulanan. (tsy)