Terungkap, Alasan Orang Menggendong Bayi di Lengan Kiri

dr Ali Sungkar, peragakan metode menggendong anak
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Pernahkah Anda melihat orang-orang di sekitar menggendong bayinya dengan lengan kiri? Atau Anda juga melakukan hal yang sama pada bayi Anda? Ya, tanpa sadar, hampir semua orang lebih suka menggendong anak mereka menggunakan lengan kiri.

Dilansir dari Times of India, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, salah satu alasan mereka melakukan ini adalah karena emosi terutama diproses di belahan otak kanan, yang terkait dengan sisi kiri tubuh.

Peneliti internasional telah menyelidiki hal ini sejak tahun 1960, mengenai apa dan mengapa orang menggunakan sisi yang disukai ketika menggendong bayi.

Sebagai hasil dari penelitian, para peneliti menemukan bahwa antara 66 dan 72 persen dari semua orang menggendong bayi dengan lengan kiri mereka. Orang yang biasa menggunakan tangan kanan, justru angkanya lebih tinggi yaitu 74 persen, sedangkan 61 persen untuk pemilik tangan kidal.

Rasio ini berlaku untuk pria dan wanita. 64 persen dari semua pria dan 73 persen wanita yang menggendong bayi dengan lengan kiri mereka.

"Mungkin ada hubungan antara gender dengan penggunaan tangan yang lebih dominan. Sayangnya, tautan ini belum dipertimbangkan dalam studi apa pun," ujar Julian Packheiser, penulis utama studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience and Biobehavioral Reviews.

Ada banyak spekulasi mengenai alasannya. Mungkin, umumnya orang menggendong bayi di sebelah kiri agar tangan kanannya bisa lebih bebas dan tangkas. Namun, karena emosi terutama diproses di belahan otak kanan, orang cenderung memindahkan bayi mereka ke bidang visual kiri mereka, yang terkait dengan belahan otak kanan. (tsy)