Penampilan di Medsos Kena Bully, Begini Caranya Hadapi Haters

Penampilan nyentrik Lady Gaga sering di-bully haters
Sumber :
  • Instagram Lady Gaga

VIVA – Ketika mengunggah foto di sosial media, pernahkah kamu mendapat komentar tidak mengenakkan, bahkan negatif seputar penampilan fisik? Jika pernah, berarti kamu sudah menjadi korban social beauty bullying.

Ya, social beauty bullying adalah bentuk bullying yang kerap dialami perempuan Indonesia di media sosial, yang mengomentari seputar penampilan, seperti makeup, model rambut, fitur fisik, dan lainnya. Komentar-komentar seperti itu memang kadang menjengkelkan, apalagi jika sudah menjurus pada komentar yang lebih negatif, bisa terbawa perasaan, terus kepikiran, sehingga menurunkan kepercayaan diri.

Lalu, bagaimana seharusnya menanggapi warganet yang berkomentar buruk terhadap kita seputar penampilan? Psikolog Klinis dari Brawijaya Healthcare Nuran Abdat, M.Psi memberikan beberapa tips bagaimana seharusnya menghadapi social beauty bullying, berikut di antaranya.

Pikirkan dahulu perlu membalas komentar atau tidak

Jika Anda mendapat komentar negatif seputar penampilan di sosial media, pikirkan baik-baik apakah kamu perlu membalas komentar tersebut atau tidak. Jika berpotensi hanya menimbulkan keributan dan berkelanjutan, lebih baik tidak perlu dibalas.

Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Jika kamu mengenali kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, ketika ada seseorang yang berkomentar negatif dan tidak sesuai dengan dirimu, abaikan dan kamu bisa tetap tenang karena kamu tahu pasti apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Selektif pilih teman

Pilihlah teman yang membawa pengaruh positif untukmu. Kita memiliki hak untuk memilih teman yang baik dan membawa dampak positif untuk diri kita sendiri.

Kepedulian diri

Kenali diri sendiri, apa yang sebenarnya kamu butuhkan, dan apa yang sebenarnya membuat kamu bahagia. (ldp)