Gempa Banten Melanda: Jangan Panik, Lakukan 4 Hal Ini saat di Gedung

Ruang Terbuka Hijau di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jakarta baru saja diguncang gempa bumi hari ini dengan getaran yang cukup terasa dan terjadi sekitar pukul 19.05 WIB. Berdasarkan informasi akun media sosial BMKG, Pusat gempa ada di wilayah Banten dengan mangnitudo 7,4, tepatnya di Sumur, Banten, pada kedalaman 10 kilometer.

Guncangan yang cukup kuat itu sontak mengagetkan banyak orang, apalagi BMKG dalam akun media sosialnya sempat memberikan peringatan dini tsunami. Namun Anda diharapkan jangan panik, dan tetap tenang.

Lalu jika terjadi bencana gempa apa yang harus Anda lakukan terutama ketika saat berada di dalam bangunan seperti rumah, sekolah ataupun bangunan bertingkat? Berikut ini beberapa saran yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilansir VIVA dari laman Instagram resminya @bnpb_indonesia.

1. Guncangan akan terasa beberapa saat. selama jangka waktu itu, upayakan keselamatan diri Anda dengan cara berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca. Lindungi kepala dengan bantal atau helm atau berdirilah di bawah pintu. Bila sudah terasa aman, segera lari ke luar rumah.

2. Jika sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng atau material lainnya. Tetap lindungi kepala dan segera menuju ke lapangan terbuka. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

4. Jangan gunakan lift apabila sudah terasa guncangan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi ke luar bangunan. Apabila sudah di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. 

5. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

6. Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi seperti bukit dan bangunan tinggi. (ren)