Tetap Waspada, Lakukan 4 Hal Ini Meski Gempa Banten Telah Usai

Ruang pers di Kompleks Istana Presiden di Jakarta kosong setelah para wartawan keluar akibat gempa Banten
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Gempa bumi di Banten yang juga melanda Jakarta beberapa jam lalu masih menyisakan kekhawatiran, pasalnya BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami selama dua jam hingga pukul 21.35 WIB lewat akun media sosialnya.

Guncangan yang cukup kuat itu sontak mengagetkan banyak orang, sayangnya sedikit yang tahu tentang tata cara menyelamatkan diri saat gempa. 

Meski gempa telah usai, Anda pun tetap harus waspada terhadap gempa bumi susulan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini beberapa saran yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilansir VIVA dari laman Instagram resminya @bnpb_indonesia.

1. Ketika berada di dalam bangunan, evakuasi diri Anda setelah gempa bumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi.

2. Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat. Selain itu periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran.

3. Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila berada di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor. 

4. Jika di dalam mobil, berhentilah. Tetapi terap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas. (ren)