Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 2 September 2019 | 16:24 WIB

Ungkapan Hati Keluarga yang Gelar Kebaktian Tutup Peti di Depan Masjid

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Foto :
  • Facebook/Jefferson Goeltom
Kebaktian tutup peti di depan halaman Masjid Darussalam Cempaka Baru, Jakarta.

VIVA – Di balik duka yang dialami keluarga Ninggor Gultom, ada cerita menyentuh yang menggugah hati banyak orang di Indonesia. Prosesi kebaktian tutup peti jenazah istrinya, Parludjiati, dilaksanakan di halaman sebuah masjid di Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kisah nyata kentalnya toleransi beragama ini terungkap melalui sebuah unggahan di laman Facebook milik Jefferson Goeltom, yang merupakan kerabat dari Ninggor Gultom. Tak lama, beberapa foto yang menggambarkan prosesi kebaktian viral di media sosial.

Baca Juga

Menurut penuturan Retta Putri, anak kedua Ninggor, kebaktian di halaman masjid itu bukan yang pertama kali dilakukan. Beberapa tahun silam, saat nenek Retta meninggal dunia, mereka juga melaksanakan kebaktian di halaman masjid yang sama.

Saat itu bahkan pihak pengurus masjid mempersilakan keluarga memutar musik Batak. Bahkan, masjid juga tidak mengumandangkan adzan dari dalam karena kebaktian yang sedang berlangsung.

Keluarga Ninggor Gultom terpaksa menggunakan halaman masjid, mengingat akses jalan menuju rumahnya adalah gang sempit. Belum lagi pintu rumah yang lebih kecil dari ukuran peti, sehingga tak memungkinkan membawa jenazah dengan peti ke dalam rumah.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Viral Musala di Minahasa Disegel
TVONE NEWS - 12 bulan lalu
Terpopuler