Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Niat Puasa Senin-Kamis

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi yang beragama muslim, Melakukan puasa Senin-Kamis adalah amalan Sunah yang tak wajib dilakukan namun membawa banyak berkah bila rutin dijalankan.

Puasa Senin-Kamis adalah jenis puasa yang sering diamalkan Nabi Muhammad saw, dan para sahabatnya, yang menjadi tradisi bagi umatnya. DIlansir laman Qultumedia, dalam salah satu haditsnya, Nabi Muhammad saw selalu menunggu-nunggu kehadiran Senin dan Kamis, untuk melaksanakan puasa.

“Rasulullah saw sering berpuasa pada setiap bulannya (minggu pertama) pada hari Kamis dan hari Senin. Pada minggu kedua berpuasa hari Senin.” (HR An-Nasa`I dari Hafsah ra).

Tak hanya itu, Puasa Senin-Kamis juga diyakini membawa banyak manfaat bagi yang menjalankannya terutama bagi kesehatan tubuh. Dalam buku yang berjudul Mengapa Harus Puasa Senin-Kamis, penulisnya Asrar Mabrur Faza mengungkapkan kedahsyatan puasa sunah yang satu ini.

"Manfaat puasa Senin-Kamis sebagai penawar hati yang keruh jika ditinjau dari perspektif psikologis. Sedangkan dari sisi medis dapat menjaga kondisi kesehatan, bahkan tak sedikit penelitian yang menyebut puasa bisa sehatkan jantung."

Nah, jika Anda ingin Jalankan Puasa Senin-Kamis jangan lupa membaca niatnya. Berikut ini niat puasa Senin-Kamis. Niat puasa dapat diucap dalam hati atau dibaca langsung. Niat ini diucap pada waktu sebelum terbit fajar.

Berikut Niat Puasa Senin:

???????? ?????? ?????? ????????????? ??????? ????? ????????

"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta'ala"

Berikut Niat Puasa Kamis:

???????? ?????? ?????? ??????????? ??????? ????? ????????

"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta'ala."