Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 22 September 2019 | 00:40 WIB

Enggak Cute! Gaya Peace saat Foto Malah Bahaya

Foto :
  • dok. pexels
Foto dengan gaya peace

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta

Berfoto dengan gaya dua jari menyerupai gunting alias peace sign bukan cuma berbahaya saat momen pemilihan umum seperti beberapa waktu lalu. Ternyata, gaya itu juga dapat dimanfaatkan oleh penjahat di internet, menurut pakar. Mengapa bisa begitu?

Baca Juga

Menurut Wakil Direktur Asosiasi Keamanan Informasi Perdagangan, Zhang Wei, gaya dua jari itu bisa memperlihatkan sidik jari orang yang ada di foto, jika dipegang cukup dekat dengan kamera.

"Gambar dengan gaya peace yang diambil dalam jarak 1,5 meter, 100? pat memperlihatkan sidik jari orang, sementara foto dari jarak 1,5 meter-3 meter hanya menampilkan 50% sidik jari," jelas Zhang, dikutip dari laman SCMP, Jumat (20/9/2019).

Terpopuler

Artinya, foto dengan gaya tangan menyerupai gunting yang diambil dari jarak 10 kaki rentan disalahgunakan oleh penjahat internet. Sebab, teknologi pembesar foto dan memungkinkan penjahat mengekstrak detail sidik jari.

Namun, Profesor Ahli Identifikasi Sidik Jari dari Departemen Otomasi Universitas Tshinghua, Feng Jianjiang tak yakin soal jarak aman pengambilan foto itu. "Tapi, sidik jari akan cukup jelas (terlihat) jika jarak, sudut, fokus, dan pencahayaan dalam kondisi ideal," tambah Feng.

Berdasarkan informasi yang diambil dari foto, para penjahat dapat mencetak sidik jari lalu digunakan untuk mendaftar pada pemeriksaan pengenalan identitas berbasis sidik jari, seperti akses pintu dan sistem pembayaran, kata Zhang.

Untuk itu, Anda yang suka berswafoto atau difoto dengan gaya peace sebaiknya memperbesar sidik jari lebih dulu, sebelum mengunggah gambar ke media sosial.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Tips Motret Keren Pakai Smartphone di Asian Games 2018
DIGITAL - sekitar 1 tahun lalu