Acara Ini Jadi Bukti, Peminat Seni Indonesia Masih Tinggi

Super Art Fest 2019
Sumber :
  • ist

VIVA – Acara Super Art Fest kini masuk dalam tahap penjurian. Dari sekian banyak peserta, juri telah menyeleksi dan menyisakan 20 finalis di bidang seni ilustrasi, comic strip, street art dan custom art

Juri terdiri dari Tutu (juri kategori Street Art), Emte (juri kategori Ilustrasi), Sanchia (juri kategori Comic Strip), dan Hardthirteen (juri kategori Custom Sneakers). Selain itu, akan hadir pula Leon Barto, kurator Super Art Fest dan juga seorang kurator di Yamaguchi Art Center, Jepang. Mereka mengaku kesulitan menentukan sang jawara.

“Kompetisi seni menurut saya paling sulit dinilai karena indikatornya luas banget. Ketertarikan saya sama suatu karya pasti beda dengan juri lain. Ini keputusan yang sulit untuk milih mana yang lebih bagus,” kata Leon dalam keterangan media yang diterima VIVA, Rabu, 23 Oktober 2019.

Dalam menentukan pemenangnya, panitia, juri dan kurator telah menyiapkan tiga kriteria penilain, yakni kriteria dasar yang akan menguji konsep, ide pengaplikasian, keserasian antara konsep dan aplikasinya, hingga tersampainya pesan. 

Lalu tahap kedua merupakan kriteria teknis penilaian yang disesuaikan dengan teknis tiap kategori kompetisi. Tahap terakhir adalah penilaian yang dibuat khusus untuk sesi temu juri.

“Perkembangan industri kreatif di Indonesia saat ini berkembang dengan baik, khususnya di bidang kreasi visual melalui seni ilustrasi, comic strip, street art dan custom art. Super Art Fest menghadirkan wadah baru bagi para penggiat seni kreatif di Indonesia dengan semangat muda, berkarakter serta berani untuk mencoba hal-hal baru,” kata Adjie Aditya Purwaka, dari Supermusic.

Setelah melalui tahapan tersebut, peserta akan melalui Promotion Night. Acara tersebut diadakan guna mempromosikan karya para finalis dan pemanasan sebelum acara Awarding Night pada 1 Februari 2020 di Livespce, SCBD, Jakarta.

Nantinya akan ada 3 orang pemenang terbaik dari setiap kategori. Para juara akan mendapatkan hadiah uang tunai bernilai total jutaan rupiah. Khusus untuk juara pertama, selain mendapatkan uang tunai, mereka juga akan diberangkatkan untuk melihat festival seni tahunan Hongkong Walls dan Hong Kong Art Basel di tahun 2020.