Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Tanda Kamu Menikahi Orang yang Tepat

Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan banyak orang. Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga ketika Kamu menemukan orang yang tepat.

Tapi pernikahan tentu tidak seperti kisah-kisah di dongeng yang selalu berakhir bahagia. Kehidupan pernikahan seringkali rumit, menantang dan juga menguras emosi. Oleh karena itu, memilih orang yang tepat merupakan salah satu cara meminimalisir hal tersebut.

Nyatanya juga tidak banyak yang tahu apakah mereka telah menikahi orang tepat. Berikut ini beberapa tanda Kamu menikahi orang yang tepat, dilansir dari laman Times of India, Jumat, 6 Desember 2019.

Nilai yang selaras

Meski Kamu telah berbagi cinta dan banyak hal lainnya, yang terpenting ialah memiliki nilai-nilai bersama. Ini berarti keduanya harus memiliki kepercayaan sosial-budaya atau politik dan sistem nilai yang sama.

Fakta bahwa Kamu menginginkan hal yang sama dari kehidupan adalah tanda bahwa Kamu percaya pada nilai-nilai inti yang sama dan dimaksudkan untuk bersama.

Seiring tumbuh dan berkembang, minat kalian berdua terus berubah tetapi nilai-nilai yang dipegang tidak banyak berubah jika dipegang teguh. Terlepas dari minat, nilai-nilai bersama memiliki peluang bagus untuk pernikahan yang sukses.

Kamu tidak harus menyetujui segalanya tetapi jika nilai-nilai Kamu tidak sesuai dengannya, Kamu mungkin perlu mempertimbangkan kembali mengenai pernikahan.

Tingkat kemandirian yang sehat

Meski Kamu menikmati menghabiskan waktu bersama, calon pasangan Kamu seharusnya tidak memiliki masalah saat Kamu menghabiskan waktu bersama teman-teman atau melakukan hal-hal yang Kamu sukai.

Dalam hubungan yang sehat, keduanya memahami dan menghormati bahwa pasangan mereka perlu waktu terpisah untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Kepercayaan yang kuat

Kepercayaan menjadi pondasi dari hubungan apa pun. Ketika Kamu mempercayai orang, Kamu memiliki kebebasan untuk menjadi diri sendiri, untuk membagikan hati dan jiwa dengannya.  Kamu bisa jujur tentang berbagai hal tanpa harus menyembunyikannya dan itu pertanda baik. Tanpa kepercayaan, Kamu akan mengalami ketakutan dan rasa tidak aman.

Nyaman dan puas

Dalam beberapa kasus, orang masuk ke kehidupan perkawinan di mana mereka merasa terjebak karena mereka kehilangan rasa kebebasan, atau karena mereka pikir mereka tidak dapat melarikan diri dari situasi yang dibatasi secara emosional.

Ketahuilah bahwa ketika kamu bertemu calon pasangan yang tepat, Kamu akan merasa seperti kamu sudah mengenalnya sejak lama.

Konflik yang sehat

Pertengkaran dan konflik yang sehat adalah bagian penting dari hubungan apa pun, termasuk pernikahan. Wajar untuk menjalin hubungan dan memiliki ketidaksetujuan. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa konflik dalam hubungan yang berkelanjutan bukan tentang siapa yang benar.

Jika Kamu dan pasangan mendiskusikan, memahami dan menghormati sudut pandang satu sama lain, maka itu pertanda bahwa komunikasi yang kalian miliki sehat.