Uniknya Keramik Bermotif Songket

Keramk bercorak batik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Jika kebanyakan keramik yang diaplikasikan di lantai maupun bagian lain bangunan memiliki motif dan tekstur yang banyak terinspirasi dari alam, seperti kayu, batu, dan atau bermotif polos mengkilap, keramik yang satu ini berbeda dengan yang lainnya.

Keramik ini terinspirasi dari kekayaan budaya bangsa Indonesia, yakni kain songket. Keramik ini sendiri diproduksi oleh Indogress yang berkolaborasi dengan sekolah fashion ESMOD.

"Motif Songket itu sendiri adalah hasil kolaborasi dalam bentuk sayembara desain antara Indogress dengan sekolah fashion ESMOD Jakarta yang dilakukan tahun lalu," ungkap Andrea Petrina Lukas Sales & Marketing Department Head PT. Asri Pancawarna, saat ditemui pada peluncuran motif terbaru Indogress, di Jakarta Conveention Center, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Maret 2017.

Dia melanjutlan bahwa sebelumnya, memang telah diadakan kompetisi desain dengan sekolah fashion Esmod, motif desain dari dua pemenang dalam kompetisi ini diaplikasikan menjadi granit tile dengan spesifimasi tinggi untuk dinikmati masyarakat.

"Hal ini sebagai komitmen kami untuk memberikan apresiasi pada karya seniman dan desainer indonesia," ungkap Andrea.

Andrea juga menjelaskan, motif songket yang memiliki dominan warna cokelat ini, akan sangat pas jika dipasangkan di ruang tamu, atau ruang keluarga. Di samping itu, untuk memadupadankan warna yang cenderung gelap, dia menyarankan dalam pemasangannya diseling dengan keramik polos yang mengkilap, agar tetap terang dan ruangan terlihat luas.

Sebagai informasi, pada tahun 2014 lalu Indogress juga  lebih dahulu mengeluarkan motif batik yaitu Patola dan Wora-wari hasil kolaborasi dengan Batik Nyonya Indo.

"Motif batik ini telah digunakan di berbagai project hotel dan restoran di pulau Jawa dan Sulawesi, sehingga mempertimbangkan minat yang cukup besar dari konsumen, keramik ini  kembali dipamerkan pada ajang KERAMlKA tahun ini," kata dia.