Suka Tidur Lagi Usai Sahur, Waspada 5 Penyakit Ini

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA – Tidak bisa dipungkiri, seringkali kita sahur dalam keadaan masih mengantuk. Setelah santap sahur, inginnya kita langsung tidur lagi sebelum memulai aktivitas harian. Rasa kantuk dan lelah sebenarnya wajar, akibat perubahan jadwal tidur. Meski begitu, dari sisi medis, kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur sangat berisiko bagi kesehatan.

Pasalnya, tubuh memerlukan waktu minimal dua jam untuk menggiling makanan yang kemudian akan dicerna oleh lambung menjadi sari makanan. Nah, sari makanan ini yang nantinya akan diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi.

Selama berlangsungnya proses penggilingan, dibutuhkan suplai darah yang tidak sedikit. Inilah alasan utama kenapa kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang memicu kinerja suplai darah, setelah makan. Dampak yang terjadi jika kita tidur sebelum dua jam setelah makan, saat saluran pencernaan belum tuntas menggiling makanan, dapat mencetus gangguan saluran pencernaan serta gagalnya penyerapan nutrisi. Akibatnya? Makanan yang telah kita konsumsi, tidak mampu memaksimalkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak cuma itu, kebiasaan ini juga bisa memicu beragam penyakit.

Tidur Lagi Setelah Sahur, Inilah Risikonya!