6 Teknik Akupresur Ini Ampuh Redakan Pusing saat Mudik

Akupresure
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Dua hari jelang Lebaran, Jakarta mulai ditinggal penghuninya pulang ke kampung halaman. Dari pemberitaan di media televisi menyebut, hari ini, 13 Juni 2018, menjadi puncak arus mudik lebaran 2018.

Biasanya, bagi mereka yang mudik baik melalui jalur darat, laut dan udara, seringkali merasakan sakit kepala dan pusing atau biasa disebut dengan mabuk perjalanan.

Jika masalah ini sering Anda alami, ada salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mengalami hal tersebut, yakni, melakukan sedikit teknik akupresur.

Akupresur merupakan salah satu jenis atau cara perawatan kesehatan tradisional yang dilakukan melalui teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur dengan menggunakan jari atau bagian tubuh lain atau alat bantu yang berujung tumpul dengan tujuan untuk perawatan kesehatan.

Salah satu staf dari Direktorat Pelayana Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH saat ditemui VIVA baru-baru ini di Kemenkes pun memberikan beberapa langkah akupresur untuk mengatasi sakit kepala atau pusing.

1. Untuk mengatasi nyeri pinggang dapat dilakukan dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya di daerah kepala bagian depan, yang terletak di lekukan tulang pelipis kanan dan kiri, sejajar dengan sudut mata luar sebanyak 30 hitungan.

2. Kemudian, lokasi yang terletak di belakang kepala, ibu jari tangan di atas batas rambut bagian belakang (kanan kiri) selama 30 hitungan.

3. Untuk sakit kepala daerah puncak kepala dapat dilakukan pemijatan pada lokasi yang terletak di puncak kepala tekan selama 30 hitungan. Untuk menentukan puncak kepala bisa dilakukan dengan puncak telinga kanan dan puncak telinga kiri hubungkan ke tengah garis kepala. Menekannya menggunakan tangan kanan.

4. Akupresur juga bisa dilakukan di lokasi yang terletak di puncak bahu, pertengahan antara tengkuk dan pangkal lengan, tekan selama 30 hitungan.

5. Lokasi yang terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk di rapatkan, tekan selama 30 hitungan.

6. Lokasi yang terletak di punggung kaki pada cekungan antara pertemuan tulang telapak kaki, ibu jari dan jari kedua kaki, tekan selama 30 hitungan.